Dugaan Keracunan di Playen, Petugas Tunggu Hasil Laboraturium

170 views

Gunungkidulpost.com – Playen – Sejumlah warga Playen yang masih satu keluarga besar, diduga mengalami keracunan setelah menyantap makanan dari hajatan saudaranya di Imogiri, Bantul.Saat ini petugas masih melakukan penanganan secara medis terhadap ketujuh korban yang telah dirawat diruang inap Puskesmas Playen 1.Kepala Puskesmas Playen 1, Yolanda Barahama mengatakan saat ini masih suspect atau dugaan keracunan.

“Untuk memastikan, kami masih menyimpan sampel makanan, dan muntahan diambil oleh petugas Dinas Kesehatan (Dinkes) Gunungkidul. Dan ini nanti akan dilakukan penelitian ke Laboraturium Kesehatan DIY,” katanya kepada Gunungkidulpost.com, Kamis (22/2/2018).

Dia mengatakan tugas puskesmas saat ini fokus merawat pasien sambil menunggu hasil laboraturium. Saat ini sendiri dinilai para pasien semakin membaik. Gejala awal yang diderita mual, muntah, demam, panas, dan juga menggigil.

“Kemungkinan ada infeksi bakteri, ini yang harus kita cari apa, mikroorganisme apa, kita tunggu laboratorium. Tapi kalau dari kami sampai panas, berarti ada reaksi infeksi,” bebernya.

Dia menambahkan, sebetulnya petugas sudah melakukan upaya pencegahan keracunan makanan dengan sosialisasi ke masyarakat. Namun Yolanda mengatakan daya tahan tubuh masing-masing orang juga berpengaruh terhadap mudah tidaknya keracunan tersebut.

“Daya tahan tubuh akan mempengaruhi timbulnya kecarunan. Kami harap secepat mungkin hasil penelitian dari Laboraturium segera keluar untuk memastikan timbulnya dugaan keracunan ini,” tutup Yolanda. (Bayu)

Related Post