Dugaan Pungli Di SMP 2 Playen Akhinya Berakhir

267 views

Gunungkidulpost.com – Playen – Adanya dugaan pungutan liar (pungli) yang dilakukan oleh oknum sekolah dibatah langsung oleh Kepala Sekolah.

Hal itu terjadi di SMP N2 Playen Gunungkidul hingga merambah ke media sosial.

Untuk itu Kepala Sekolah SMPN 2 Playen Suripto, saat berhasil diklarifikasi oleh awak media menyebutkan, selebaran yang diberikan kepada orangtua/wali murid baru sebatas sosialisasi.

“Itu baru sosialisasi dari komite sekolah yang mengajukan bukannya harus dibayar segera,” katanya kepada wartawan, Selasa (18/9/2018).

Sosialisasi pungutan tersebut rencananya akan dipergunakan untuk kegiatan siswa-siswi yang ada di SMPN 2 Playen selama satu tahun kedepan.

“Pungutan tersebut jika nantinya disetujui oleh orangtua/wali murid rencananya digunakan untuk kegiatan siswa selama satu tahun yang tidak bisa dibiayai oleh dana BOS, seperti kegiatan ekstrakulikuler, pramuka, wisuda, hingga latihan korban. Seperti kegiatan pramuka kami mengundang guru dari luar sekolah,” ucapnya.

Ia mengatakan sekolah hanya menyampaikan program-program kerja, pengurus komite juga telah melakukan musyawarah dengan orangtua siswa.

“Pada tanggal 8 september komite sudah melakukan musyawarah dan yang datang juga sudah setuju, pembayaran waktu itu disepakati tidak serempak,” bebernya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Kabupaten Gunungkidul Bahron Rosyid mengatakan pihaknya telah mengundang SMPN 2 Playen terkait hal tersebut.

“Kepala sekolah sudah saya panggil untuk memberikan keterangan dan memang ada unsur penolakan akhirnya saya perintahkan untuk membatalkan,” tandas Bahron.

Bahron menambahkan, pihak sekolah pada dasarnya tidak boleh memungut biaya apapun tetapi jika sekolah menerima sumbangan diperbolehkan.

“Kalau bersifat sumbangan masih diperbolehkan, tetapi jangan mematok nominalnya. Saat ini dana BOS memang belum cukup untuk itu sekolah diperbilehkan menerima sumbangan. Untuk itu kami menghimbau kepada semua sekolah jangan asal memungut sumbangan,” pungkasnya. (Bayu)

Related Post