Duh, Banyak TPU Gunungkidul Tak Miliki Register Kematian

418 views

Ilustrasi.net

Gunungkidulpost.com – Wonosari – Pemerintah Kabupaten Gunungkidul disulitkan untuk mendata orang meninggal di Gunungkidul.Sebab sebagian besar Tempat Pemakaman Umum atau TPU tidak memiliki buku register kematian.

Kepala Disdukcapil Gunungkidul, Eko Subiantoro mengatakan, pendataan orang meninggal diperlukan untuk melakukan penerbitan akta kematian dimana Disdukcapil harus mengklarifikasi apakah orang yang bersangkutan sudah dalam kondisi meninggal dan sudah memiliki dokumen yang sah menurut negara.“Kami terus berupaya memonitor dan mencatat data kependudukan seakurat dan serapi mungkin, termasuk di dalamnya pencatatan  terhadap data akta kematian,” terangnya.

Meski begitu, Eko Subiantoro mengakui sebagian besar TPU di Gunungkidul tidak mempunyai data pencatatan kematian sehingga yang ada disetiap TPU hanya jumlah kuburanya saja tanpa tercatat secara rapi siapa yang dikubur.”diterbitkannya akta kematian, selain sah menurut negara juga berdampak langsung terhadap akurasi setiap perkembangan data kependudukan. Implikasi langsung terhadap orang yang masih hidup juga ada,” ungkapnya.

eko menerangkan, jika setiap TPU di Gunungkidul mempunyai register kematian, maka akan mendukung beberapa program pemerintah yang lain.”Khan, pernah juga ada kasus, orang meninggal dunai masih menerima bantuan. Atau orang yang sudah meninggal dunia namun tercatat dalam daftar pemilih tetap (DPT) pilkada, pileg, maupun pilpres,” ungkapnya.

Sementara itu, Kades Mulusan, Kecamatan Paliyan Supodo mengatakan, hingga saat ini pihaknya terus memberikan sosialisasi pentingnya akta kematian kepada masyarakat. Pihaknya bersyukur, sekarang sudah mulai tertib.
“Untuk data kematian dibaah tahun 2015, kami dari desa terbitkan surat kematian. Namun jika tahun setelahnya penerbitan akta kematian diurus ke disdukcapil,” kata Supodo.(Maya)

Related Post