Dukung Gunungkidul Dengan Gerakan??

image

Foto: Santi

Gunungkidulpost.com – Wonosari – Sebagai bentuk dukungan tentang penerbitan Inpres No.1 tahun 2017 oleh pemerintah pusat, Dinas kesehatan Kabupaten Gunungkidul menyelenggarakan forum diskusi gerakan masyarakat hidup sehat yang dikaksanakan pada Rabu, (19/7/2017).

Forum diskusi dengan tema “Dukungan pemerintah Kabupaten Gunungkidul dalam gerakan masyarakat hidup sehat sesuai Inpres No.1 tahun 2017,” di buka oleh Bupati Gununungkidul yang dalam kesempatan ini diwakilkan kepada Plt. Kepala Dinas Kesehatan Drs, Sudjoko, Msi.
dan dikuti oleh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait, TP PKK Kabupaten Gunungkidul, BPJS dan Kemenag.

Hadir juga dalam diskusi kali ini, tiga pemateri sebagai nara sumber yakni Sukartini, SKM, MM dari Dinas Kesehatan Gunungkidul, Priyanta Madya Satmaka, SKM, M.Kes, dari Bappeda Gunungkidul, Yulia Irene, SKM, MPH dari Dinas Kesehatan DIY

Plt. Kepala Dinas Kesehatan Gunungkidul, Sudjoko menjelaskan, Penerbitan Inpres No.1 tahun 2017 adalah dalam rangka mempercepat dan mensinergikan upaya promitif dan preventif hidup sehat guba meningkatkan produktifitas penduduk dan menurunkan beban pembiayaan pelayanan kesehatan akibat penyakit.

“Disisi lain, melihat gambaran kondisi penyakit tidak menular di Kabupaten Gunungkidul berdasarkan riset kesehatan dasar (Riskesdas) tahun 2013 sangat memerlukan perhatian,” katanya kepada Gunungkidulpost.com.

Untuk itu, lanjut Sudjoko,  Pemerintah mengintruksikan kepada setiap daerah untuk menetapkan kebijakan dan mengambil langkah-langkah sesuai tugas, fungsi dan kewenangan masing-masing  untuk mewujudkan gerakan masyarakat hidup sehat melalui peningkatan aktifitas fisik, prilaku hidup sehat, penyediaan pangan sehat, percepatan perbaikan gizi, pencegahan dan deteksi dini penyakit, kualitas lingkungan dan edukasi hidup sehat.

“Inpres  No. 1 tahun 2017 tersebut oleh Pemerintah telah ditujukan kepada Gubernur, Bupati atau Walikota se Indonesia,” ucap Sudjoko.

Pihaknya berharap agar upaya gerakan masyarakat,  mendapatkan dukungan dan menjadi perhatian semua pihak dengan upaya strategi dan kebijakan yang mendukung pada pembangunan kesehatan yang berorientasi pada upaya kesehatan preventif dan promotif juga mensinergikan semua program dan kegiatan perangkat daerah dalam mendukung dan mengatasi permasalahan kesehatan melalui gerakan masyarakat hidup sehat.

“Forum komunikasi kali ini merekomendasikan agar kita segera menyusun rencana aksi dengan target dan indiktor yang betul- betul outcom secara berjenjang,” pungkasnya. (Santi)

Posted from WordPress for Android

Related Post