Dunia Pendidikan Gunungkidul Terapkan Google For Education

104 views

Gunungkidulpost.com – Karangmojo – Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Gunungkidul bekerja sama dengan Google Indonesia untuk
Peningkatan Kapasitas Pendidikan berbasis Teknologi dengan Google for Education.

Adanya program pembelajaran tersebut dengan tujuan menjadikan pendidikan di Kabupaten Gunungkidul siap untuk menjalankan metoda pembelajaran abad informasi; berkesesuaian dengan sasaran pendidikan Kabupaten Gunungkidul; serta dapat menghasilkan lulusan pendidikan yang bisa menjadi pelaku ekonomi di era Industri 4.0.

Sebagaimana telah diketahui Kabupaten Gunungkidul masuk dalam Kota/Kabupaten dalam Program Gerakan Menuju 100 Smart City di tahun 2019.

Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Gunungkidul, Bahron Rasyid akan meningkatkan sistem pembelajaran dengan berbasis IT. Dan saat ini tiga sekolah rintisan google yang dijadikan percontohan.

“Saat ini SDN 1 Wonosari, SMPN 1 Karangmojo, dan SMAN 1 Playen adalah tiga sekolah rintisan Google, yang nantinya akan kami kembangkan untuk 30 sekolah sasaran lainya dengan pembelajaran basic google education.” paparnya saat acara Serah Terima Penggunaan Teknologi Google Chromebook untuk Pendidikan di SMP 1 Karangmojo, Senin (7/10/2019).

Bahron menambahkan telah mengadakan pelatihan guru sebanyak 50 guru untuk pembelajaran dengan google education. Dan dari ujian sertifikasi guru level 1 internasional sebanyak 14 guru di Gunungkidul siap untuk mengembangkan sistem pembelajaran tersebut.

“Program sekolah rintisan Google ini diharapkan menjadi layanan unggulan pada kategori Pendidikan Pintar (Smart Education) yang pada akhirnya akan dimanfaatkan oleh seluruh pemangku pendidikan di Kabupaten Gunungkidul.” harapnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga DIY, Kadarmanta Baskara Aji, mengatakan teknologi Google telah kita rasakan manfaatnya, untuk memaksimalkan google diimplementasikan dalam dunia pendidikan melalui program Google education.

“Degan kemajuan teknologi kita manfaatkan di dunia pendidikan dengan google education. Sebanyak 81 unit cromebook diberikan dari Google Indonesia sebagai bentuk kerjasama untuk memajukan dunia pendidikan di Gunungkidul.” terangnya.

Baskoro menghimbau dengan adanya kerjasama tersebut agar terus ditidak lanjuti program ke beberapa sekolah sasaran di Gunungkidul.

“Tiga sekolah rintisan google semoga dapat dijadikan percontohan untuk sekolah-sekolah yang lain di Gunungkidul, sehingga semua sekolah dapat menggunakan sistem pembelajaran berbasis IT.” ujarnya.

Lebih lanjut Asisten Setda II, Asman Latif mewakili Pemerintah Kabupaten Gunungkidul mengucapkan terimakasih kepada Google Indonesia yang telah bekerja sama dalam mendukung pendidikan di Kabupaten Gunungkidul.

“Memgapresiasi PT. Google Indonesia dalam program pembelajaran berbasis IT dengan memberikan bantuan perangkat cromebook bagi sekolah rintisan google.” ujarnya.

Asman dengan pemberian perangkat pembelajaran tersebut diharapkan mampu untuk memajukan program Gunungkidul Cerdas dalam rangka Gunungkidul sebagai Smart City.

“Dengan adanya hal tersebut mampu untuk diterapkan secara tepat dan bijaksana. Sebgai sarana yang canggih dan efektif untuk kemajauan dunia pendidikan di Gunungkidul.” pungkasnya. (Falentina)

Related Post