Edarkan Ratusan Butir Pil, Dua Pelaku Dijebloskan Ke Penjara

809 views

Gunungkidulpost.com – Wonosari – Satuan Reserse Narkoba Polres Gunungkidul berhasil membongkar kasus peredaran narkoba jenis obat-obatan terlarang di wilayah hukumnya. Ratusan pil didudga Trihexypenidil yang disembunyikan di halaman rumah ikut diamankan beserta dua pelaku yakni HCP(25) warga kecamatan Playen dan AN(28) warga Bantul.

Kapolres Gunungkidul, AKBP Nugrah Trihadi mengatakan, penangkapan kedua pelaku itu berdasarkan atas informasi dari masyarakat adanya kasus peredaran narkoba di wilayahnya. Berbekal informasi tersebut kemudian dilakukan penyidikan oleh anggota. Dan ternyata benar, salah satu pelaku yakni, HCP warga kecamatan Playen telah menggunakan serta mengedarkan narkoba jenis obat-obatan terlarang.

“Pada hari Rabu 21 September 2016, pelaku inisial HCP kita amankan tanpa perlawanan beserta barang bukti pil itu di rumah pelaku. Pelaku lalu kita bawa ke Polres Gunungkidul untuk dilakukan pemeriksaan,” katanya, Rabu (28/9/2016).

Nugrah Trihadi menjelaskan, dari pemeriksaan yang dilakukan anggota, pelaku memperoleh barang haram tersebut dari AN warga Bantul. Memperoleh informasi tersebut, selang sehari anggota kemudian melakukan pengembangan untuk menangkap pelaku. Setelah diselidiki pelaku berhasil ditangkap di bengkel.

“Pelaku kita tangkap saat bekerja di bengkel beserta ditemukan di saku pelaku ditemukan 20 butir pil diduga Trihexypenidil yang siap diedarkan,” jelasnya.

Menurut Nugrah Trihadi, berdasarkan keterangan pelaku, ia sudah menggeluti profesi tersebut selama 2 tahun. Untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya, kedua pelaku bakal Pasal 196 Jo Pasal 98 ayat (2) dan ayat (3) UU RI No 30 tahun 2009 tentang kesehatan. Ancaman hukuman maksimal 10 tahun penjara.

“Untuk barang bukti kita amankan 190 butir pil berwarna putih diduga Trihexypenidil. Kedua pelaku saat ini mendekam di Polres Gunungkidul,” pungkasnya. (Heri)

Related Post