Empat Perda Disetujui, Ini Harapan Dewan

225 views

Gunungkidulpost.com – Wonosari – Sebanyak empat Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) disetujui oleh Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD), Gunungkidul, bersama dengan Pemerintah Kabupaten (Pemkab), dalam sidang paripurna, Kamis (6/9/2018).

Keempat Raperda tersebut yaitu, pertama tentang pengelolaan barang milik daerah, kedua penyelenggaraan kearsipan, ketiga jenis wewenang dan tanggungjawab perijinan dan non perijinan. Lalu perubahan kedua atas peraturan daerah No 15 tahun 2012 tentang retribusi pengendalian menara telekomunikasi.

Ketua DPRD Gunungkidul, Demas Kursiswanto mengharapkan dengan persetujan Raperda ini dapat menjadikan jalannya pemerintahan semakin baik.

“Kaitannya dengan aset daerah dapat diarsip dapat terkoordinir dan terkordinasi. Penyelenggaran kearsipan segala kegiatan harus didukung dengan kearsipan yang baik,” kata Demas.

Perda dinilai memberi posisi strategis untuk memberikan panduan dan arah bagi OPD, stakeholder dan legitimasi yang kuat di masyarkat dan pemerintah, bahwa Pemkab punya atensi besar pada arsip dan sejarah.

Sementara dalam barang milik daerah dinilai penting dan harus dikelola sesuai mekanisme yang transparan, efisien dan akuntabel berdasarkan legalitas dan kepastian hak. Aspek legalitas dalam Perda akan menjamin terlaksana tertib administrasi dan tertib pengelolaan barang daerah.

Dalam memberikan pelayanan kepada public harus memberikan pelayanan perijinan dan non perijinan agar memberikan pelayanan yang maksimal berkualitas didukung Sumber Daya Manusia yang berkualitas pula. (Bayu)

Related Post