Enam Padukuhan Meriahkan Hari Jadi Desa Siraman Ke-98

142 views
image

Kirab budaya (Foto: Heri)

Gunungkidulpost.com – Wonosari -Dalam peringatan hari jadi Pemerintahan Desa Siraman yang ke-98, ratusan warga dari enam Padukuhan di Desa Siraman, Wonosari, ikuti berbagai kreasi seni budaya untuk memeriahkan.

Dalam rangkaian acara tersebut, hari jadi Desa Siraman melibatkan ratusan warga yang tersebar di enam padukuhan untuk menampilkan kesenian budaya yang dimiliki masing-masing padukuhan.

“Acara tadi siang kirab budaya, sorenya diadakan ritual kenduri dan dilanjutkan jathilan, dan untuk puncak acara malam kita suguhkan wayang kulit dari Siraman Ki Saliyo Purbo Carito,” kata Kepala Desa Siraman Damiyo, Minggu (10/12/2017) malam.

Sementara, Ketua Panitia Penyelengara, Heri Santosa mengungkapkan, Peringatan hari jadi pemerintahan desa Siraman ini sudah terlaksana di dua tahun ini, kemarin di peringatan 97 dan untuk tahun 2017 ini ke 98. Namun demikian, untuk khusus pawai memang baru terlaksana di momentum peringatan ke 98 ini, dan ini baru pertama kali bisa diselengarakan pawai yang bisa melibatkan seluruh warga masyarakat di enam padukuhan untuk menampilkan kesenian budayanya tersendiri.

“Ya kita dari masing-masing padukuhan mempunyai ciri khas kesenian budaya tersendiri, untuk semua pengisi acara, dari tanggal 24 sampai tanggal 25 lalu, kita bentuk konsep gelar potensi budaya dan seni, yang kemudian dilanjutkan di dua hari ini [kemarin] tanggal 9 sampai 10, hingga penutup acara dan puncak acara pagelaran wayang kulit semalam,” katanya. (Heri)

Posted from WordPress for Android

Related Post