Evakuasi Selesai, Kondisi Tebing Masih Mengancam Warga

545 views
image

Dandim 0730 Gunungkidul, Muhammad Taufik Hanif Didampingi Tim Basarnas Usai Melasanakan Tugas Evakuasi. (Foto: Bayu)

Gunungkidulpost.com – Ngawen – Pasca penemuan dua korban runtuhan tebing raksasa di Padukuhan Jentir, Desa Sambirejo, Kecamatan Ngawen tim petugas gabungan memutuskan untuk mengakhiri proses evakuasi.

Petugas tengah menyeterilkan lokasi pemukiman warga yang berdekatan dengan tebing tersebut. Penyeterilan lokasi dilakukan lantaran kondisi tebing masih mengalami pergeseran dan sangat erat terjadi longsor susulan.

“Tebing masih dalam kondisi berbahaya lantaran masih terjadi pergeseran dan diprediksi masih bisa runtuh lagi,” kata Komandan Kodim 0730 Gunungkidul, Muhammad Taufik Hanif saat ditemui Gunungkidulpost.com, Minggu (5/3/2017).

Dia menuturkan, saat ini pihaknya telah merelokasi tiga kelapa keluarga yang rumahnya berdekatan dengan tebing yang ambrol tersebut.

“Kami relokasi 3 KK yang tinggal berdekatan dengan tebing tersebut. Relokasi akan kami koordinasikan dengan pemerintah desa setempat,” tuturnya.

Disinggung mengenai wacana penutupan tambang batu di tebung itu, pihaknya akan menyerahkan seluruhnya kewenangan kepada instansi pemerintah daerah untuk menangani masalah ini.

“Masalah mau ditutup atau tidak semuanya akan kami serahkan kepada Pemkab Gunungkidul,” pungkasnya. (Bayu)

Posted from WordPress for Android

Related Post