Faktor Belum Memadai, Pengoprasian Rusunawa Mundur

image

Rusunawa Karangrejek masih terlihat sepi penghuni (Foto: Heri)

Gunungkidulpost.com – Wonosari -Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gunungkidul hingga saat ini belum bisa mengoperasikan Rusunawa yang berada di Desa Karangrejek, Kecamatan Wonosari. Setidaknya ada dua faktor yang membuat rusunawa belum juga dioperasikan hingga sekarang.

Sejak pertengahan 2016 lalu Dinas Pekerjaan Umum Perumahan Rakyat Kawasan Permukiman (DPUPRKP) sudah menargetkan agar rusunawa bisa dioperasikan. Faktanya, hingga setahun berlalu wacana tersebut tak kunjung direalisasikan.

Ada sejumlah faktor yang membuat pengoperasian rusunawa belum dilakukan, yaitu menyangkut masalah tingkat keterisian hunian hingga sarana dan prasarana pendukung yang masih belum memadai.

Kepala Seksi Rusunawa Bidang Perumahan DPUPRKP Gunungkidul Nurgiyanto mengatakan, Pemerintah Pusat menargetkan rusunawa dapat dioperasikan di akhir Juli ini. Namun, melihat kondisi di lapangan sendiri, dia pestimis target tersebut dapat terealisasi.

“Pengoperasian tidak akan sesuai dengan target yang telah direncanakan,” katanya Kamis (20/7/2017).

Selain masalah tingkat keterisian hunian yang rendah, sejumlah sarana prasarana yang dimiliki belum memadai.

Dia mencontohkan, seperti sarana prasarana yang perlu diperbaiki meliputi jaringan instalasi listrik dan keberadaan bak penampungan air yang belum berfungsi secara maksimal.

“Masalah lainnya, hingga sekarang juga belum ada payung hukum untuk pengoperasian rusunawa,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua Komisi C DPRD Gunungkidul Purwanto berharap agar rusunawa segera dioperasikan waktu dekat ini, pasalnya bangunan yang sudah selesai dibangun sejak 2014 lalu, Pemkab juga telah mengeluarkan biaya untuk pembayaran instalasi listrik yang terpasang.

“Semakin lama tidak dioperasikan, maka beban Pemkab akan terus semakin bertambah,” pungkasnya. (Heri)

Posted from WordPress for Android

Related Post