Fasilitas Minim, Wisata Malam Hari Terus Digagas

39 views

Gunungkidulpost.com – Wonosari – Perkembangan wisata di Kabupaten Gunungkidul semakin pesat.

Selain wisata gunung dan pantai yang menjadi tempat paling diminati wisatawan, kini sudah mulai dikembangkan jenis wisata malam seperti Geopark Night Specta.

Kepala Dinas Pariwisata (Dinpar) Gunungkidul, Asti Wijayanti mengatakan pengembangan wisata malam di Gunungkidul tentu berdampak pada lama tinggal wisatawan. Maka dari itu, peran serta pengelola wisata perlu ditingkatkan.

“Wisata malam Geopark Night Specta sudah menginjak tahun ke tiga. Mencontoh hal tersebut, para pelaku wisata yang lain semoga bisa membuat kreasi dan inovasi serupa atau hal lain yang lebih unik dan menarik,” kata Asti, Minggu, (19/8/2018).

Menurut Asti, wisata malam hari di beberapa destinasi bisa sangat dimungkinkan, bisa dengan mengangkat budaya lokal atau kreasi kekinian yang bisa menarik wisatawan berkunjung.

Meski dinas belum melakukan penelitian tentang korelasi wisata malam dengan lama tinggal wistawan, tapi jika dilakukan secara masif dan keberlanjutan disertai dengan adanya penambahan fasilitas penginapan, tentu akan berdampak pada lama tinggal.

“Saat ini lama tinggal wisatawan di Gunungkidul sekitar 1 sampai 2 hari, bukan tidak mungkin jika ada wisata malam yang positif maka bisa menambah masa tinggal,” kata dia.

Untuk menunjang pengembangan wisata malam, masih perlu didorong dengan cara menambah kuantitas dan kualitas penginapan serta atraksi yang disajikan kepada para wisatawan.

Hal serupa juga diungkapkan, Ketua Pokdarwis Sri Getuk, Sumarjuni. Pihaknya saat ini tengah mengembangkan wisata camping malam hari. Selain itu pengoptimalan kualitas homestay juga sedang dilakukan.

“Ini merupakan langkah kami untuk membuat wisatawan semakin betah tinggal,” kata dia. (Santi)

Related Post