Fenomena Lubang Misterius, Begini Hasil Penelitian Pakar Geologi

907 views
image

(Foto: Doc Gunungkidulpost.com)

Gunungkidulpost.com – Wonosari –  Fenomena lubang misterius atau sinkhole yang beberapa pekan terakhir sudah muncul di dua tempat yakni di Playen dan Ponjong haruslah diwaspadai. Pasalnya kejadian ini biasa terjadi di daerah berkapur seperti yang ada di wilayah Gunungkidul.

Pakar Geologi Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta Dr Eng Wahyu Wilopo mengatakan, masyarakat di kabupaten Gunungkidul harus waspada terkait dengan Fenomena lubang misterius atau sinkhole yang beberapa pekan terakhir sudah muncul di dua tempat. 

“Untuk wilayah Gunungkidul di wilayah Tengah dan Selatan merupak fenomena biasa dan disebut sinkhole,” katanya kepada Gunungkidulpost.com, Senin (20/2/2017).

Selama ini, pihaknya sudah melakukan penelitian di wilayah Semanu dan Ponjong. Dalam dua pekan terakhir sudah ada dua wilayah yang mengalami tanah ambles yakni di wilayah Kecamtan Playen dan Kecamatan Ponjong.

“Untuk daerah wonosari ke selatan berstruktur batuan gamping dan mudah larut,” tandasnya.

Wahyu mengakui untuk potensi amblesan memang sulit untuk diprediksi, karena struktur gua bawah tanah tak beraturan. Ia mencontohkan untuk Gua seropan tidak selamanya mengikuti alur normal namun kadang masuk ke bawah bukit. Untuk mengetahui potensi amblesan sebenarnya bisa dilakukan dengan melihat air dipermukaan jika hilang dalam satu lokasi, nah disana ada kemungkinan akan adanya sinkhole.

“Jika ada air masuk ke suatu tempat itu paling mudah diditeksi kemungkinan disana bisa muncul,” ujarnya.

Dia mengingatkan, penutupan lubang bukan solusi yang baik. Sebab, diperlukan kajian mendalam terkait luasan lubang, dan melihat sungai yang biasanya mengalir didalam lubang.

“Cara efektif paling baik adalah mencegah air masuk kedalam lubang dengan cara membuat tanggul disekitar lokasi, sehingga mengurangi gerusan air,” pungkasnya. (Bayu)

Posted from WordPress for Android

Related Post