Fenomena Tanah Ambles Gegerkan Warga Petir

Gunungkidulpost.com – Rongkop – Tanah ambles kembali terjadi, kali ini peristiwa tersebut terjadi di Padukuhan Watu Mengkurep, Desa Petir, Kecamatan Rongkop, Rabu (14/2/2018).

Dengan adanya fenomena alam ini, Pemerintah Kabupaten Gunungkidul mengimbau warga setempat untuk menghindari lokasi tanah ambles.

“Kami mengimbau warga untuk berhati-hati atas fenomana tanah ambles di Kecamatan Rongkop,” kata Kepala Pelaksana BPBD Gunung Kidul Edy Basuki kepada wartawan.

Selain itu, dia mengimbau warga mewaspadai tanah longsor dan banjir. Dua bencana tersebut menjadi bencana yang sekarang akrab ketika hujan mengguyur berjam-jam.

“Salah satu titik yang rawan banjir berada di kawasan Sungai Oya yang melintas di Kecamatan Semin, Playen, dan Karangmojo,” bebernya.

Kesiagaan juga dilakukan bersama Desa Forum Pengurangan Risiko Bencana. Adapula dengan stasiun radio untuk mengabarkan potensi bencana saat puncak musim hujan.

“Hujan beberapa hari membuat banjir dan perbukitan longsor. Kewaspadaan lebih perlu untuk masyarakat di lereng perbukitan dan di dekat sungai,” katanya.

Sementara itu, Kepala Dusun Watu Mengkurep Sumarman mengatakan bahwa bencana tanah ambles terjadi di Dusun Watu Mengkurep, tanah ambles sepanjang 20 meter kedalaman hampir 1 meter.
Tanah ambles ini diduga terjadi dikarenakan curah hujan tinggi.

“Lokasi tanah ambles tidak hanya di satu titik, fenomena tanah ambles ini terjadi di dua lokasi yang hampir berdekatan,” paparnya. (Heri)

Related Post