Festival Seni Resmi Dibuka, Puluhan Dalang Lokal Adu Prestasi

25 views

Gunungkidulpost.com – Wonosari – Festival dalang se-Kabupaten Gunungkidul digelar 3 sampai 5 Agustus 2018 di alun-alun Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gunungkidul.

Kepala Dinas Kebudayaan Gunungkidul, Agus Kamtono mengatakan, festival pedalangan diikuti 18 dalang dewasa dan 18 dalang anak. Mereka merupakan kontingen dari 18 Kecamatan di Kabupaten Gunungkidul.

“Dengan festival ini semoga bisa meregenerasi para dalang,” kata Agus, Jumat, (3/8/2018).

Selain itu, festifal pedalangan diharapkan bisa memberikan kesempatan para dalang untuk tampil dan berkompetisi dari tingkat Kabupaten hingga Nasional.

Agus menyampaikan, nantinya para dalang akan dipilih untuk mewakili Gunungkidul dalam festival pedalangan di tingkat DIY.

Adapun kategori yang dilombakan antara lain, dalang mumpuni dewasa dan anak; penyaji lakon terbaik dewasa dan anak; penyaji sabet terbaik dewasa dan anak; penyaji catur terbaik dewasa dan anak; penyaji gecul terbaik dewasa dan anak; dan penyaji gending terbaik dewasa dan anak.

“Tahun lalu kita juara tingkat propinsi dan akan maju dalam festival dalang tingkat nasional,” katanya.

Dengan festival ini diharapkan seni pedalangan dapat tetap lestari dalam mencetak dalang-dalang baru.

Sementara itu, wakil Bupati Gunungkidul, Immawan Wahyudi mengatakan, dana keistimewaan itu harusnya digunakan untuk menjaga lestarinya kesenian serta peningkatan kualitas potensi lokal.

“Harus ada upaya menghadirkan dalang lokal sebagai cara mengapresiasi seniman,” kata Immawan.

Menurut Immawan, soal kualitas itu urusan seniman masing-masing. Kita semua harus memiliki komitmen kuat, membentuk kaderisasi dalang lokal. Karena ditakutkan jika tidak ada usaha menjaga maka penerus dalang di Gunungkidul akan sirna. (Santi)

Related Post