Forum Wartawan Gunungkidul Mengecam Keras Oknum Wartawan “Gorok”

199 views

Gunungkidulpost.com – Wonosari –
Forum Wartawan Gunungkidul (FWG) Wisanggeni mengecam keras adanya tindakan kriminalisasi yang marak terjadi di wilayah Kabupaten Gunungkidul.

Kriminalisasi tersebut yakni mengatasnamakan profesi sebagai jurnalis hingga memeras korban maupun narasumber. Hal itu seperti yang terjadi di desa Bendung kecamatan Senin, pada Senin (8/7/2019) lalu.

Ketua Paguyuban Wisanggeni Dedy EWI, mengatakan oknum mengatasnamakan wartawan untuk hal pemerasan bukan hanya terjadi sekali. Namun di wilayah Gunungkidul banyak tindakan yang dilakukan oleh segelintir orang yang menyasar kantor pemerintahan desa guna melakukan tindakan menodong uang saku.

“Kejadian ini sangat mencoreng profesi wartawan, apalagi dipakai untuk tindakan pemerasan terhadap korban maupun narasumber,” kata Dedy saat ditemui Gunungkidulpost.com, Rabu (10/7/2019).

Menurut Dedy, AC yang merupakan pelaku pemerasan kepada Kades Bendung tidak tercatat dalam Paguyuban wartawan Gunungkidul. Dirinya memastikan anggota FWG tidak pernah melakukan tindakan yang menyimpang dari kode etik jurnalistik.

“Paguyuban FWG saya pastikan kalau tidak akan melakukan tidakan seperti yang dilakukan oleh AC, dikarenakan tidakan seperti itu melanggar kode etik bahkan mencemari profesi,” tandasnya.

Dedy menghimbau pada semua masyarakat untuk waspada jika ada oknum yang mengatasnamakan wartawan dengan dalih pemerasan. Jika menemui hal tersebut ia berharap untuk segera melapor kepada pihak yang berwajib.

“Kami menghimbau masyarakat untuk berani jika ada oknum wartawan yang meminta uang, jangan takut untuk mengungkap kejadian tersebut keranah hukum,” tutupnya. (Falentina)

Related Post