Gagal Raih Adipura, Sejumlah Sungai Dinilai Kumuh

image

Gunungkidulpost.com – Wonosari – Tahun 2017 ini Pemerintah Kabupaten Gunungkidul gagal mendapatkan penghargaan adipura. Kegagalan tersebut terjadi karena masih banyak catatan yang harus diperbaiki sehingga nilai yang diperoleh tidak mencukupi untuk memperoleh penghargaan.

Salah satu catatan ini di antaranya menyangkut keberadaan Sungai Besole yang membelah Kota Wonosari. Sungai itu dinilai belum mencerminkan kebersihan lingkungan.

Sekretaris Fraksi Handayani Gunungkidul Anton Supriyadi mengatakan, keberadaan Sungai Besole masih sangat kumuh. Hal ini  terlihat dari warna air hingga lokasi aliran yang digunakan sebagai tempat pembuangan limbah rumah tangga. 

“Ini belum adanya tanaman pakan ternak yang ditanam sehingga menambah kesemerawutan sungai,” katanya kepada Gunungkidulpost.com, Minggu (27/8/2017).

Menurut dia, jika pemkab ingin meraih adipura, keberadaan Sungai Besole harus benar-benar diperhatikan. Salah satunya dengan melakukan revitalisasi sungai dan mengembalikan fungsi sebagaimana mestinya.

“Saya yakin kalau bisa ditata dan dibersihkan, maka upaya mendapatkan adipura akan lebih mudah,” tandasnya.

Dia menambahkan, revitalisasi Sungai Besole hanya salah satu bagian untuk mendapatkan adipura. Namun, di sisi lain kebersihan lingkungan secara menyeluruh juga harus diperhatikan.

“Ini bukan hanya menjadi tugas  dari Dinas Lingkungan Hidup, namun seluruh OPD di pemkab harus ikut membantu sehingga program dapat lebih maksimal,” pungkasnya. (Bayu)

Posted from WordPress for Android

Related Post