Gaji 13 dan 14 PNS Cair, Ribuan Tenaga Honorer Gigit Jari

image

Ilustrasi. Net

Gunungkidulpost.com – Wonosari – Ribuan honorer di Kabupaten Gunungkidul hanya bisa gigit jari saat para Pegawai Negeri Sipil (PNS) kebanjiran pendapatan dengan adanya gaji 13 dan 14 jelang lebaran tahun ini.

Kebahagiaan yang dialami PNS itu berbanding terbalik dengan para honorer. Sebab honorer tidak mendapat uang THR sepeserpun.

“Untuk gaji 13 dan 14 PNS Kaur sudah langsung dibayarkan. Tapi untuk honorer tidak dianggarkan,” kata Sekretaris Badan Keuangan dan Aset Daerah (BKAD) Gunungkidul, Putro Sapto Wahyono kepada Gunungkidulpost.com, Senin (19/6/2017).

Dari sisi kemanusiaan memang tak adil, namun pihaknya tak bisa mengambil konsekuensi melangkahi aturan. Jika dipaksakan akan memiliki dampak ke depan. Namun jika ada organisasi perangkat daerah (OPD) yang membuat kebijakan memberikan THR pada honorer, itu di luar kebijakan Pemkab. 

“Nanti untuk THR honorer ini paling kebijakan masing-masing pimpinan,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua Fotum Guru Tidak Tetap (GTT) Gunungkidul Didik mengaku kecewa dengan kebijakan tersebut. Ia bersama ribuan honorer yang berjuang selama hampir 15 tahun harus gigit lantaram tidak mendapatkan tunjangan hari raya yang diberikan oleh pemerintah.

“Kami bersama dengan ribuan honorer di Gunungkidul belum pernah menerima THR dari pemerintah padahal kinerja dilapangan tugas dan tanggung jawabnya bahkan lebih dari PNS,” tandasnya.

Meski harus gigit jari dan melihat kegembiraan para PNS di Lingkup Pemkab dirinya berharap kedepan ada peraturan yang mengatur tentang THR yang diperuntukan begi tenaga honorer.

“Harus ada kebijakan untuk pengatur tentang THR bagi honorer. Semoga keluhan ini didengar oleh pejabat pemkab dan pemerintah pusat,” pungkasnya. (Bayu)

Posted from WordPress for Android

Related Post