Gandeng Warga, Polisi Kemas Kampung Tertib Lalu-lintas

230 views

Gunungkidulpost.com – Wonosari – Dalam rangka menekan angka kecelakaan lalu-lintas Polda DIY merangkul masyarakat hingga tingkat kampung.

Hal itu seperti kegiatan kampung tertib lalu lintas di Dusun Purbosari, Wonosari, Kamis (28/6/2018).

Kasubdit Dikyasa Ditlantas Polda DIY, AKBP Sulasmi mengatakan Kampung tertib lalu lintas merupakan program nasional dan dilaksanakan di seluruh Indonesia.

Keberadaan Kampung tertib lalu lintas diharapkan menjadi percontohan bagi kampung lainnya. Sehingga kampung lainnya dapat tertular mengikuti kampung yang sudah digalakan menjadi Kampung tertib lalu lintas.

“Dimulai dari tingkat padukuhan, nanti akan naik ke desa, kecamatan dan seterusnya. Sehingga akan menekan terjadinya kecelakaan,” ujarnya, Kamis (28/6/2018).

AKBP Sulasmi mengatakan pelanggaran lalu lintas memang terkadang masih terjadi di tingkat desa, sehingga digalakannya kampung tertib lalu lintas ini sangat penting.

Dia berharap mitra dari kepolisian, seperti dukuh, kepala desa, pemuda dapat berperan aktif untuk mengingatkan jika ada pengendara yang melintas tidak tertib untuk diingatkan.

“Kriteria penilaian kita ada banyak poin diantaranya terjait rambu-rambu yang ada di desa, tingkat pelanggaran dan pertisipasi mitra kita (masyarakat) dalam menciptakan keselamatan lalu lintas,” paparnya.

Sementara itu, Wakapolres Gunungkidul, Kompol Verena Sri Wahyuningsih mengatakan kegiatan ini juga kerjasama dengan dinas terkait seperti Dinas Perhubungan (Dishub), dan beberapa dinas lainnya serta masyarakat sekitar.

Dia mengaku, dengan kegiatan ini berharap dapat menekan maraknya kecelakaan yang terjadi di wilayah Gunungkidul.

“Kami mengharapkan kampung tertib lalu lintas menjadi budaya tertib lalu lintas. Sehingga menekan angka kecelakaan lalu lintas di Gunungkidul,” pungkasnya. (G1)

Related Post