Gedangsari Kembali Diterjang Longsor

423 views


Gunungkidulpost.com – Gedangsari – Cuaca buruk yang melanda Kabupaten Gunungkidul mengakibatkan bencana tanah longsor kembali menerjang Kecamatan Gedangsari. 
Tebing setinggi 5 meter dan panjang 30 meter tersebut runtuh dan menimpa salah satu rumah milik Sarimin (46) warga Padukuhan Manggung RT03/RW04 Desa Ngalang, Gedangsari, Minggu (8/1/2017).
Kepala Desa Ngalang Siswanto mengatakan, tebing tersebut longsor sehingga menimpa salah satu rumah warga. Selain itu juga mengancam rumah milik Wasino (28) yang berada tak jauh dari lokasi kejadian. 
“Tebing ini menimpa bagian belakang rumah sehingga kondisi dapur rusak,” katanya kepada Gunungkidulpost.com.
Sementara itu, Camat Gedangsari Muh. Setiawan menjelaskan, karena cepatnya respon masyarakat kejadian tersebut dapat terkonsisikan.
“Masyarakat sudah paham dengan kondisi seperti ini, sehingga kejadian tandah longsor bisa teratasi,” jelasnya.
Pihaknya pun selalu penghimbau kepada masyarakat di kecamatan Gedangsari untuk tetap waspada saat terjadi hujan seperti ini. 

“Kami selalu menghimbau pada semua masyarakat ketika hendak meu turun hujan untuk segera waspada dan berhati-hati,” bebernya.
Terpisah, salah satu relawan BPBD Gunungkidul, Agus Triyono mengatakan, sehari sebelumnya tepatnya Sabtu (7/1) kemarin bencana juga menerjang Desa Ngawis, Karangmojo. Rumah milik Suminem (65) tersebut tertimpa pohon jati yang tumbang. Kondisi rumah Suminem pun rusak berat.
“Warga juga langsung melakukan pertolongan untuk menyingkirkan pohon yang menimpa rumah warga akibat sapuan angin kencang,” ungkap Agus. (Bayu)

Related Post