Geger…Gara-gara ini KMPPS Ancam Pemkab Gunungkidul

256 views

image

Gunungkidulpost.com – Wonosari – Lantaran memberikan sejumlah izin untuk pembangunan resort di kawasan karst, Koalisi Masyarakat Peduli Pegunungan Sewu (KMPPS) melayangkan somasi kepada Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gunungkidul, Selasa (7/11/2017).

Perwakilan dari KMPPS tersebut menyerahkan somasi yang ditujukkan kepada Pemkab Gunungkidul. Pihaknya meminta agar Pemkab segera mencabut sejumlah perizinan yang telah diberikan kepada pengembang yang hendak membangun resort di Pantai Seruni, Kecamatan Tepus.

“Kami menuntut agar pemkab segera mencabut izin tata ruang, izin prinsip dan izin lokasi untuk proyek pembangunan di Pantai Seruni,” kata perwakilan KMPPS, Triyo Handoko.

Pembangunan tersebut dinilai telah melanggar sejumlah aturan. Diantaranya adalah Undang-Undang No. 26/2007 tentang Penataan Ruang; Peraturan Pemerintah No.26/2008 tentang Rencana Tata Ruang Wilayah Nasional; Peraturan Daerah (Perda) DIY No.2/2010 Tentang Rencana Tata Ruang Wilayah DIY; serta Perda Gunungkidul No.6/2011 tentang Rencana Tata Ruang Wilayah Gunungkidul 2010-2030.

Atas sejumlah dasar hukum tersebut, pembangunan konstruksi di kawasan bentang karst yang dilindungi dinilai telah melanggar konstitusi.

“Kami mendesak Bupati dan jajarannya untuk segera menghentikan semua proses perizinan yang diperuntukkan di wilayah bentang karst Gunungsewu,” tandasnya.

Pihaknya menuntut apabila sampai waktu yang telah ditentukan yakitu selama 10 hari semenjak somasi ini dilayangkan Pemkab tidak mengindahkan tuntutannya maka hal itu akan ditempuh melalui jalur hukum.

“Mulai hari ini hingga batas waktu yang kami berikan jika tidak ada langkah untuk menghentikan, maka kami akan menempuh lewat jaluh hukum,” tutupnya. (Bayu)

Posted from WordPress for Android

Related Post