Gejolak Watu Kodok, Warga Ancam Bangun Fasilitas Diatas Bukit

26 views

Gunungkidulpost.com – Tanjungsari – Paguyuban Kawula Pesisir Mataram (PKPM) Watu Kodok mengancam akan membangun fasilitas secara sepihak di bukit Pantai Watu Kodok, Desa Kemadang, Kecamatan Tanjungsari.

Hal ini merupakan wujud kekecewaan terhadap janji Pemerintah Kecamatan Tanjungsari yang belum merealisasi konflik perebutan lahan bukit yang terjadi di Pantai Watu Kodok tersebut.

Humas PKPM Watu Kodok, Surahman mengatakan, ancaman pembangunan fasilitas secara sepihak itu sebelumnya telah diutarakannya dalam mediasi yang pernah dilangsungkan di Sekda Gunungkidul beberapa waktu lalu. Jika tidak ada jalan keluar, pemkab akan turun tangan.

“Hingga kini belum ada tanda-tanda akan adanya penyelesaian konflik itu. Padahal janji pemerintah Kecamatan Tanjungsari akan segera rampungkan konflik ini sebelum masuk bulan puasa,” kata Surahman kepada Gunungkidulpost.com, Jumat, (4/5/2018).

Jika tidak ada kejelasan dari pemerintah, PKPM terpaksa akan membangun fasilitas di secara sepihak. Meski demikian, Surahman tetap berharap penyelesaian konflik ini bisa selesai dengan tuntas.

“Tidak ingin ada perpecahan antar warga,” paparnya.

Sementara itu, Camat Tanjungsari, Rahmadian mengungkapkan, alasan belum mulainya tahapan mediasi lanjutan pada konflik itu karena pemerintah kecamatan sedang sibuk dengan lomba desa tingkat provinsi.

“Memang kemarin kami sedang disibukkan dengan lomba desa di Desa Kemadang, jadinya belum ada upaya lanjutan,” jelasnya.

Rahmadian berjanji, minggu depan pihaknya akan segera melakukan mediasi, sesuai dengan janjinya untuk segera menyelesaikan konflik sebelum bulan puasa. (Susanti)

Related Post