Gelap Gulita, Belasan Lampu Penerangan Jalan Mulai Dipasang

180 views

Gunungkidulpost.com – Ponjong – Sedikitnya ada 16 titik lampu Penerangan Jalan Umum Tenaga Surya (PJU-TS) di Desa Ponjong, Kecamatan Ponjong telah terpasang.

PJU-TS ini merupakan bantuan dari Kementrian Energi Sumber Daya dan Mineral (ESDM) yang merupakan langkah serius pemerintah pusat dalam memperhatikan masyarakat di Kabupaten Gunungkidul.

Bupati Gunungkidul, Hj Badingah S. Sos di wakili dari Ali Siswanto dari Dinas Perhubungan Gunungkidul menyampaikan, PJU-TS di sejumlah titik di Kabupaten Gunungkidul diharapkan bisa benar-benar bermanfaat untuk mengatasi jalan yang gelap dan jauh dari jangkauan listrik PLN.

“Bantuan sarana penerangan jalan ini adalah solusi tepat guna meningkatkan keselamatan pengguna jalan,”katanya saat menghadiri peresmian dan sosialisasi Penerangan Jalan Umum Tenaga Surya (PJU-TS) dari Kementrian ESDM Direktorat Jenderal Energi Baru, Terbarukan dan Konservasi Energi di Padukuhan Serut, Desa Ponjong, Jumat, (15/3/2019).

Ali berharap, bantuan PJU-TS yang diberikan bisa dimanfaatkan masyarakat dan dipelihara supaya awet dalam waktu yang lama.

Sementara itu, Haryo Adicoro Warman, Kepala Biro Perencanaan dari Kementrian ESDM menuturkan bantuan yang diberikan oleh pemerintah pusat ini dibuat dari dana rakyat melalui APBN untuk itu supaya dimanfaatkan sebaik-baiknya.

“Selama ini PJU menggunakan aliran listrik dari PLN, namun pihak kementrian ESDM mengupayakan PJU-TS ini dengan pemanfaatan sumber tenaga surya,”terangnya.

Untuk PJU-TS diharapkan menjadi solusi untuk jalan yang belum terjangkau Listrik PLN maupun daerah yang sudah dialiri listri PLN namun ingin mengurangi konsumsi Listrik. (Kusuma)

Related Post