Gelapkan Belasan Mobil, Pelaku Ditangkap Polisi

35 views

Gunungkidulpost.com – Wonosari – Jajaran Kepolisisan Rosor Gunungkidul bekerjasama dengan Polsek Semin berhasil mengungkap jaringan penggelapan 13 unit mobil rental.

Mobil hasil kejahatan tersebut oleh pelakuk dijual antara Rp 25- 35 juta ke penadah.

Kronologi kejadian itu bermula dari laporan korban yakni Ade Demy Barsono warga Tahunan Semin yang melaporkan kejadian mobil miliknya yang digelapkan oleh Tri Wahyudi (30) warga Semin Wetan RT 04/RW 02 Desa Pundungsari, Semin.

Akibatnya dua unit mobil milik korban yakni Toyota Avanza Silver nopol B1314BYA dan Toyota Avanza Silver nopol B2434TFX yang dirental oleh Tri Wahyudi tak kunjung dikembalikan.

Akhinya korban melaporkan kejadian yang menimpanya ke Polsek Semin. Dari laporan tersebut, polisi terus memburu pelaku penggelapan mobil rental tersebut.

“Dari hasil penyelidikan, polisi berhasil menemukan barang bukti sebuah mobil dan pelaku berhasil kami tangkap,” kata Kapolres Gunungkidul, AKBP Ahmad Fuady saat menggelar jumpa pers dihalaman Mapolres Gunungkidul, Kamis (4/10/2018) pagi.

Menurut dia, polisi terus melakukan pengembangan dan didapat dua penadah yakni Chrostoper Hari Gusnandar warga Dusun Kumbulrejo RT02/RW10 Desa Gentan Sukoharjo dan Eko Prasetyo warga Dusun RT03/RW03 Desa Giritirto Wonogiri berhasil ditangkap petugas gabungan didua tempat yang berbeda.

“Setelah kita lakukan pengembangan kasus ini ternyata pelaku telah menggelapkan 13 mobil rental. Dan berhasil kit tangkap dua penadah yang ikut membantu kelancaran pelaku penggelapan mobil,” jelasnya.

AKBP Ahmad Fuady menjelaskan, saat ini ketiga tersangka ini telah diamankan di Mapolres Gunungkidul. Pelaku utama yakni Tri warga Semin dijerat dengan pasal 378 Jo 372 KUHP dengan ancaman hukuman 4 tahun penjara. Sedangkan dua penadah tersebut dijerat dengan pasal 480 KUHP dengan perkara pidana pertolongan kejahatan.

“Dari semua rangkaian kejahatan kasus ini barang bukti keseluruhan berjumlah 13 unit mobil. Masing masing tersangka kami jerat Pasal 378,372, dan 480 KUHP,” tutupnya. (Bayu)

Related Post