Gelar Operasi Pasar, Harga Kebutuhan Pokok Cenderung Turun

86 views

Gunungkidulpost.com – Wonosari – Menjelang Lebaran 2019, harga sejumlah kebutuhan pokok di Kabupaten Gunungkidul mengalami penurunan.

Dari pantauan Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) DIY di sejumlah titik, harga telur ayam mengalami penurunan menjadi Rp 19.600,-/kg dari harga tahun 2018 lalu yang mencapai Rp 22.000,-/kg saat menjelang lebaran.

Sementara di tingkat distributor, saat ini harga beras juga turun menjadi Rp10.000,-/kg dan gula Rp12.000,-/kg.

Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setda DIY, Tri Saktiyana, mengatakan jajarannya mengunjungi dua tempat di Gunungkidul yakni ke peternakan ayam petelur di Desa Mijahan, Kecamatan Semanu dan distributor sembako di Desa Baleharjo, Kecamatan Wonosari.

“Tidak hanya telur, harga sembako lainnya seperti beras, tepung terigu, minyak goreng, dan gula relatif stabil,” katanya, Rabu,(15/5/2019).

Sementara untuk ketersediaan stok sembako menjelang Idulfitri di Kabupaten Gunungkidul dinyatakan masih aman. Beberapa harga kebutuhan pokok juga mengalami penurunan harga meski tipis.

Diharapkan,gejolak pasar tidak terlalu memengaruhi harga-harga di pasaran sehingga sampai Hari Raya Idulfitri stok sembako tetap aman dan harga juga stabil.

Pada kesempatan yang sama,Wakil Bupati Gunungkidul, Immawan Wahyudi, menuturkan penurunan dan kenaikan harga dalam komoditas pangan merupakan hal yang wajar terjadi.

“Terkait dengan inflasi di Kabupaten Gunungkidul semua masih berjalan dengan baik,” kata Immawan. (Santi)

Related Post