Geliat Kartini, GKR Hemas Sambangi Ratusan Kaum Perempuan

39 views

Gunungkidulpost.com – Tanjungsari – Dalam rangka memperingati Hari Kartini, Gusti Kanjeng Ratu (GKR) Hemas menyambangi ratusan perempuan di wilayah Kecamatan Tanjungsari, Jumat (20/4/2018).

Semangat Kartini meningkatkan kualitas perempuan pribadi yang tanggap dan peduli menjadi tema pada peringatan hari kartini di Balai Desa Ngestirejo, Kecamatan Tanjungsari.

Dalam sambutannya, Gusti Kanjeng Ratu (GKR) Hemas mengatakan perlunya perempuan dalam meneladani semangat RA Kartini dalam memperjuangkan emansipasi Wanita.

“Kaum perempuan agar merenungkan kembali gagasan RA Kartini yang hingga kini masih relevan, bagaimana ia berani menolak untuk dinikahkan pada usia muda,” katanya.

Menurut dia, RA Kartini mampu berpikir kedepan seperti perempuan harus berpendidikan tinggi, menolak apa yang tidak sesuai dengan keyakinannya.

“Harus mengenyam pendidikan, ia harus menyikapi permintaaan yang bertentangan dengan nilai-nilai yang ia yakini,” paparnya.

GKR Hemas menambahkan, banyaknya organisasi perempuan yang ada sekarang seperti PKK diharapkan menjadi jembatan pemerintah dalam implementasi program-program.

“Oraganisasi pkk, itu menjdi tongkak satu harapan ketangan onjangan program pemeribtah harus bisa sampai ke desa,” jelasnya.

Sementara itu Bupati Gunungkidul Badingah menuturkan, perempuan harus mampu untuk meningkatkan kualitas diri baik didalam keluarga maupun diluar keluarga.

“Kualitas diri perempuan harus ditingkatkan, pertama adalah meningkatkan kualitas didalam rumah tangga seperti mengasuh anak dan mendidiknya dan mengaktualiasasikan diri di ranah publik,” tutur Badingah. (Bayu Prihartanto)

Related Post