Geliat Rasulan Ngalang, Tunjukkan Potensi Desa

261 views

Gunungkidulpost.com – Gedangsari – Pemerintah Desa Ngalang Kecamatan Gedangsari menggelar tradisi bersih desa tahun 2019.
Bersih desa tersebut merupakan tradisi yang menjadi warisan budaya leluhur.

Salah satunya yakni menggelar kesenian anak hingga pementasan Jatilan.

Ribuan penonton pun antusias menyaksikan festival kesenian tersebut.

Bertempat di halaman Gubug Gedhe di desa Ngalang pada puncak acara Sabtu, 29/6/2019 diikuti sebanyak 14 kelompok seni dari masing-masing Padukuhan.

Kepala Desa Ngalang, Kaderi saat ditemui Gunungkidulpost menuturkan untuk menumbuhkan cinta akan kesenian memang harus di mulai sejak usia masih dini. Oleh sebab itu, berbagai pertunjukan ia gelar dalam rangka menggali potensi desa Ngalang.

“Kecintaan akan kesenian harus di mulai saat masih anak-anak sehingga adat budaya di setiap Padukuhan tetap di lestarikan, langgeng dan terjaga sampai nanti mereka sudah tua,” katanya.

Sementara itu, Panitia Kegiatan Subarda Pokak menjelaskan event tahunan ini diselenggarakan dari masing-masing padukuhan. Dia berharap, melalui gelar budaya ini dapat menumbuhkan potensi dan kekayaan budaya yang ada di Desa Ngalang.

“Kekayaan budaya tanpa adanya even tidak akan dikenal maka dari itu kita tampilkan semuanya supaya masyarakat tau,” tutupnya. (Kusuma)

Related Post