Gelombang Tinggi, Talud Pantai Baron Jebol

223 views
image

Kondisi Talut Di Pantai Baron Jebol. (Foto: Dok. SAR Sat Linmas.Wil ll)

Gunungkidulpost.com – Tanjungsari – Cuaca buruk yang menerjang kawasan pantai selatan Gunungkidul mengakibatkan talut yang berada di Pantai Baron, Desa Kemadang, Kecamatan Tanjungsari ambrol.

Ambrolnya talud tersebut diduga lantaran tak kuat menahan sapuan gelombang tinggi yang terjadi sejak beberapa hari yang lalu.

Koordinator Satlinmas Rescue Istimewa Wilayah II Gunungkidul Marjono mengatakan, cuaca buruk terjadi selama dua hari terakhir. Selain angin kencang juga terjadi peningkatan gelombang air laut setinggi 11 kaki atau sekitar 3,3 meter.

“Kemarin ada satu titik talut yang ambrol karena diterjang gelombang tinggi,” katanya kepada Gunungkidulpost.com, Minggu (22/10/2017).

Menurut dia, tingginya gelombang air laut selain membuat talud ambrol juga menjadikan aktivitas nelayan terganggu. Sejumlah nelayan pun akirnya memilih untuk tidak melaut dan menyandarkan perahu mereka. Pasalnya tingginya gelombang dan angin yang cukup kencang terlalu beresiko bagi nelayan.

Berdasarkan pantauannya pada Minggu pagi, tinggi gelombang sekitar 10 kaki atau sekitar 3 meter. Dengan mulai menurunnya gelombang air laut tersebut aktivitas nelayan pun berangsur normal, dan tidak mengganggu wisatawan yang sedang berlibur di akhir pekan.

“Ini sudah mulai normal, menurut prediksi sepekan kedepan tidak terjadi kenaikkan gelombang air laut, landai saja malah cenderung ada penurunan,” bebernya.

Sementara itu Sekretaris Satlinmas Rescue Istimewa Wilayah II Gunungkidul Surisdiyanto mengatakan, meskipun gelombang sudah mulai landai, tetapi masyarakat diminta untuk berhati-hati. Dia mengatakan, masyarakat di kawasan pesisir harus terus berhati-hati akan potensi terjadinya gelombang tinggi, sehingga potensi kerusakan dapat dikurangi.

“Untuk pengamanan kami akan terus pantau kondisi di laut,” paparnya. (Bayu)

Posted from WordPress for Android

Related Post