Gelombang Tinggi, Wisatawan Diharapkan Waspada

647 views

Foto : Istimewa



Gunungkidulpost.com – Wonosari – Libur panjang, kawasan pantai diperkirakan akan dibanjiri banyak wisatawan. Untuk itu, pengunjung diharapkan mewaspadai adanya potensi gelombang tinggi yang bakal terjadi. Sebab diprediksi gelombang naik lebih dari tiga meter.

Koordinator Search and Rescue Satuan Perlindungan Masyarakat (SAR Satlinmas) Wilayah II Gunungkidul Marjono mengaku, jika jumlah pengunjung kawasan pantai pada libur panjang peringatan Hari Raya Iduladha diperkirkan akan meningkat.

“Seperti yang terjadi tahun-tahun sebelumnya, ketika libur panjang juga terjadi peningkatan jumlah wisatawan,” katanya, Sabtu (10/9/2016).

Marjono mengatakan, adanya jumlah lonjakan yang dperkirakan bakal terjadi, untuk itu pihaknya SAR akan menyiagakan anggota agar bekerja lebih ekstra lagi. Sebab hal itu juga dibarengi dengan adanya potensi gelombang tinggi. 

“Pengawasan akan lebih ekstra lagi, karena dari perkiraan cuaca yang diterima, tinggi gelombang bisa mencapai empat meter,” jelasnya.

Marjono menghimbau, kepada pengunjung pantai untuk lebih meningkatkan kewaspadaan dengan perubahan cuaca, apalagi gelombang yang sedang tinggi.

“Bagi wisatawan yang berkunjung ke pantai diharapkan tidak mandi atau berenang di pantai mengingat kondisi pasang air laut yang tinggi bisa membahayakan keselamatan,” pungkasnya. (Nena)

Related Post