Gelorakan Pancasila Untuk Keutuhan Bangsa Indonesia

32 views

Gunungkidulpost.com – Wonosari – Ideologi Pancasila perlu terus digelorakan untuk memperkuat persatuan bangsa serta membawa Indonesia maju dan sejahtera.

Bhineka tunggal ika yang dimiliki oleh bangsa Indonesia menjadi modal kuat untuk mewujudkan persatuan nasional.

Hal itu mengemukakan saat acara Sosialisasi Pancasila, UUD’1945, NKRI, dan Bhineka Tunggal Ika bersama anggota MPR RI Idham Samawi bersama dengan aparatur sipil negara di Desa Kepek, Kecamatan Wonosari, Senin (29/10/2018).

“Saya mengharapkan mata pelajaran Moral Pancasila kembali diajarkan dibangku sekolah untuk mencetak generasi muda dalam mencintai negara,” kata Anggota MPR RI Idham Samawi saat membuka sosialisasi empat pilar kebangsaan.

Menurut dia, penjabaran nilai dari Pancasila saat ini sudah tidak banyak dilakukan. Pada Orde Baru sering disalahgunakan untuk legitimasi kekuasaan.

“Saat reformasi pembelajaran Pancasila tidak lagi menjadi pelajaran yang wajib,” ungkapnya.

Saat ini pihaknya terus melakukan kajian agar PMP dikembalikan ke bangku sekolah disetiap jenjang pendidikan.

Idham berharap, Garis Besar Haluan Negara (GBHN) juga kembali dijalankan. Sebab saat ini tidak ada kesamaan konsep antara presiden dengan gubernur hingga bupati.

“Ini saya singkronkan melalui haluan negara. Yang paling penting haluan negara bisa dimunculkan lagi,” ungkapnya.

Sementara itu, Ketua DPRD Gunungkidul Demas Kursiswanto mengatakan sosialisasi pilar kebangsaan sangat penting dan terus dilakukan.

Bagaimanapun juga keberadaan Pancasila, UUD’45, NKRI, dan Bhineka Tunggal Ika salah satu upaya untuk memperkuat persatuan.

“Peningkatan wawasan kebangsaan bagus sekali dan ini dibutuhkan oleh semua kalangan. Saat ini untuk persatuan dan bangsa,” paparnya. (Bayu)

Related Post