Gempa Bumi di Zona Selatan Jawa Masih Wajar

568 views

Gunungkidulpost.com – Wonosari – Dalam beberapa hari terakhir terkait aktivitas gempa bumi yang meresahkan warga di Gunungkidul dan sekitarnya, Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menghimbau kepada masyarakat untuk tidak terpancing isu tsunami.
Sejak awal bulan November 2016 hingga saat ini memang telah terjadi guncangan gempa sebanyak 9 kali yang dan telah dirasakan di DIY dan zona selatan Pulau Jawa.
Kepala Bidang Informasi Gempabumi dan Peringatan Dini Tsunami BMKG
Daryono mengatakan, aktivitas gempa bumi akhir-akhir ini bukan merupakan indikasi akan terjadinya peristiwa yang besar. Aktivitas gempa bumi di zona selatan Jawa hingga saat ini masih tergolong wajar. Hal itu lantaran Pulau Jawa memang berdekatan dengan lempeng aktif.

“Guncangan gempa yang banyak dirasakan warga masih dalam taraf kewajaran,” katanya kepada Gunungkidulpost.com, Senin (21/11/2016).
Menurutnya, aktivitas gempa bumi merupakan manifestasi pelepasan energi agar tidak terjadi akumulasi tegangan yang dapat memicu terjadinya gempa bumi besar. Dari sekian banyak isu akan terjadi gempa bumi besar dan tsunami, hingga saat ini tidak ada satupun yang terbukti benar.

“Warga masyarakat kami himbau agar tetap tenang dan tidak mudah terpancing isu,” paparnya. (Bayu)

Related Post