Gempa Jawa Timur, Warga Gunungkidul Panik

image

Foto: istimewa

Gunungkidulpost.com – Wonosari – Gempa bumi yang terjadi di Kabupaten Blitar Jawa Timur pada Rabu (24/5) malam ternyata dirasakan sampai Gunungkidul.

Informasi yang dihimpun Gunungkidulpost.com, gempa berkekuatan 5.6 Skala Richter (SR) terjadi pada pukul 23.44 WIB dengan lokasi 9.13 Lintang Selatan atau 111.93 Bujur Timut. Pusat gempa tersebut dengan kedalaman 10 km yang berada pada 115 km Barat Daya Kabupaten Blitar, Jawa Timur.

“Dampak gempa bumi berupa guncangan dirasakan hingga di beberapa wilayah seperti Gunungkidul,” kata Staf Data dan Informasi Badan Metereologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Yogyakarta, Indah Retno Wulan.

Menurut laporan, guncangan gempa bumi dirasakan warga cukup kuat hingga terkejut dan berlarian keluar rumah.
Dia menjelaskan, ditinjau dari kedalaman hiposenternya, gempa bumi ini merupakan jenis gempa bumi menengah akibat aktivitas subduksi Lempeng.

Ciri gempa bumi berkedalaman menengah semacam ini memiliki spektrum guncangan yang luas, sehingga wajar jika gempa bumi berkekuatan 5.6 Skala Richter (SR) itu dirasakan hingga Gunungkidul.

“Kepada warga masyarakat pesisir pantai selatan Yogyakarta, agar tetap tenang, karena gempa bumi yang terjadi tidak berpotensi tsunami,” jelasnya.

Sementara itu, salah satu warga Wonosari Miyarno mengaku merasakan getaran gempa yang terjadi malam tadi. Dirinya merasakan hal tersebut saat ia bersama dengan teman-temannya nongkrong didepan rumah.

“Ya saya terasa ada getaran gempa, mesik singkat namun sempat membuat panik, pungkasnya. (Bayu)

Posted from WordPress for Android

Related Post