Goa Jomblang Dan Pantai Wediombo Sabet Penghargaan Anugerah Pesona Indonesia 2017

300 views
image

Foto: Istimewa

Gunungkidulpost.com – Wonosari – Gunungkidul kembali menyabet penghargaan. Dua destinasi wisata Gunungkidul mendapatkan penghargaan Anugerah Pesona Indonesia 2017 yaitu Gua Jomblang, di Desa Pacarejo, Kecamatan Semanu dan Pantai Wediombo, di Desa Jepitu, Kecamatan Girisubo.

Sekretaris Dinas Pariwisata Gunungkidul, Hary Sukmono mengatakan, Program Anugerah Pesona Indonesia (API) 2017 diselenggarakan oleh www.jalanjalan.com bekerjasama dengan Kementerian Pariwisata.

“Hadiahnya menjadi terpopuler, tidak dari sisi materi namun lebih terkenal,” kata Hary Sukmono kepada Gunungkidulpost.com, Senin (27/11/2017).

Gua Jomblang yang meraih juara satu kategori wisata unik terpopuler se- Nusantara merupakan satu di antara 500 gua yang ada di kawasan pengunungan karst. Gua ini mempunyai mulut gua vertikal dengan jarak antara bibir gua dengan dasarnya bervariasi.
Paling dalam sekitar 80 meter.

Dibutuhkan kemampuan melakukan Single Rope Technique (SRT) untuk memasuki gua ini.

SRT (teknik yang baku) digunakan untuk menuruni gua vertikal dengan memakai satu tali sebagai lintasan yang dipakai untuk jalan menaiki dan menuruni tempat yang vertikal dengan didampingi oleh pemandu profesional dan bersertifikat.

Kemudian terdapat vegetasi tumbuhan masa lampau yang masih hidup sampai sekarang di dalam dasar gua.

“Adanya lorong sungai bawah tanah. Kemudian Sekitar pukul 11.00 sampai dengan 13.00 WIB dapat melihat sinar matahari dari dasar gua yang sering disebut ‘Cahaya surga’,” bebernya.

Lalu wisata Pantai Wediombo, di Desa Jepitu, Kecamatan Girisubo menurut Hary menyabet urutan ke dua kategori tempat berselancar terpopuler se-Indonesia.

“Pantai ini berkembang menjadi salah satu tempat berkumpulnya para ‘pemburu ombak’ yang menawarkan hamparan pantai berpasir putih, gugusan karang masih alami, dengan tipe ombak cenderung stabil dan tidak berubah-ubah,” ungkap Hary.

Pantai ini satu-satunya pantai yang menghadap ke barat berbentuk menyerupai teluk yang dikelilingi bukit karang dan tempat berselancar sembari menikmati senja yang mempesona.

Di tempat ini pengunjung Surfing (berselancar), dan Snorkeling (Selam permukaan).

Sementara itu, Bupati Gunungkidul saat dihubungi Gunungkidulpost.com, mengaku sangat berterima kasih kepada semua pihak khususnya masyarakat Gunungkidul yang telah ikut ambil bagian dan berperanserta dalam mengembangkan destinasi pariwisata.

“Kami mengucapkan terimakasih atas persan serta masyarakat sehingga bisa mendapatkan juara dalam Anugerah Pesona Indonesia 2017,” kata Badingah. (Heri)

Posted from WordPress for Android

Related Post