Gua Braholo Akan Disulap Jadi Museum

image

Goa Braholo Akan Disulap Menjadi Museum. (Foto: Dok Gunungkidulpost.com)

Gunungkidulpost.com – Wonosari – Dengan potensi yang ada di Gua Braholo, Desa Semugih, Kecamatan Rongkop, Pemerintah Kabupaten Gunungkidul berencana membangun museum untuk benda purbakala.

Pembangunan Museum terbuka atau site museum ini diharapkan bisa menjadi salah satu alternatif.

Wakil Bupati Gunungkidul Immawan Wahyudi mengatakan, pembangunan museum untuk sejumlah benda temuan yang berusia puluhan ribu tahun di Gua Braholo perlu perencanaan. Untuk itu, pihaknya akan terlebih dahulu melakukan koordinasi dengan Dinas Kebudayaan Gunungkidul dan DIY, serta sejumlah pihak lain yang terkait.

“Nanti akan dikoordinasikan dengan Dinas Kebudayaan, dan perguruan tinggi yang peduli mengenai pemetaan tentang benda bersejarah,” kata Immawan, kepada Gunungkidulpost.com, Rabu (8/11/2017).

Sementara itu, Kepala Seksi Warisan Budaya Dinas Kebudayaan DIY Ruly Adriadi mengatakan, dengan museum yang terbuka, sejumlah benda-benda temuan tersebut langsung ditampilkan di tempat itu juga. Konsep itu tidak mengharuskan suatu bangunan khusus untuk dijadikan sebuah museum, tapi tinggal menambahkan fasilitas penunjang lainnya.

“Kami baru melihat peluang ini. Jadi, di akhir tahun ini kami coba benar-benar untuk mendokumentasikannya terlebih dahulu. Sehingga, nanti tahun depan bisa tahu bagaimana memposisikan temuan-temuan yang ada di Gua Braholo,” ujarnya.

Terpisah, Peneliti dari Pusat Arkeologi Nasional Thomas Sutikna menilai perlu adanya fasilitas yang memadai untuk hasil temuan dari Gua Braholo. Terlebih, temuan-temuan tersebut penting dan akan menjadi temuan tingkat nasional, sehingga fasilitas seperti museum purbakala patut untuk dibangun.

“Alangkah baiknya jika dapat dibangun dan dilengkapi fasilitas di Gua Braholo. Dengan begitu keberadaan situs menjadi situs cagar budaya, memiliki nilai pendidikan, dan membawa kesejahteraan untuk masyarakat,” ungkapnya.

(Heri)

Posted from WordPress for Android

Related Post