Gubernur DIY Datangi Pembuatan Garam Di Pantai Sepanjang

image

Gubernur DIY dan Bupati Gunungkidul Mengunjungi Lokasi Pembuatan Garam. (Foto: Santi)

Gunungkidulpost.com – Tanjungsari – Sebagai salah satu bentuk kepedulian terhadap masyarakat mengenai proses produksi garam secara tradisonal yang dilakukan oleh masyarakat di Pantai Sepanjang yang berada di Desa Kemadang, Kecamatan Tanjungsari Gubernur DIY, Sri Sultan  Hamengkubuwono ke  X melakukan peninjauan langsung kelokasi pembuatan garam pada Sabtu, (12/08/2017).

Kunjungan kerja yang dilakukan oleh Gubernur DIY di sambut langsung oleh Bupati Gunungkidul, Hj. Badingah.

“Kita bersama Gubernur  langsung melihat proses pembuatan garam skala rumah tangga, di lanjutkan diskusi singkat dengan masyarakat pembuat garam di Pantai Sepanjang,” jelas Badingah.

Di situ masyarakat menjelaskan secara detail bagaimana proses pembuatan garam secara tradisional, bagai mana mengolah air laut hingga menjadi garam yang siap di konsumsi.

Sementara itu Gubernur DIY dalam kesempatan yang sama menyampaikan bahwa beliau siap membantu kelompok masyarakat miskin agar bisa memproduksi garam sehingga tidak miskin lagi.

“Bagi para nelayan, ketika ada waktu menganggur karena tidak bisa melaut, mungkin bisa di manfaatkan untuk memproduksi garam sehingga tiap bulan ada pendapatan,” tutur Gubernur DIY.

Di wilayah Gunungkidul sendiri ada beberapa tempat produksi garam diantaranya Pantai Sepanjang, Pantai Nguyahan, dan Pantai Ngrenehan.  Rencana kedepan akan diadakan pelatihan oleh DKP DIY untuk pembuatan garam kepada masyarakat di pesisir Pantai Selatan

Sri Sultan mengakui bahwa kualitas garam terbaik yang dimiliki DIY berada di Pantai Sepanjang, Gunungkidul.

” Saya berharap kedepan DIY bisa memproduksi garam sendiri dengan memberdayakan potensi Pantai yang ada di wilayah DIY,” pungkasnya.

Setelah kurang lebih dua jam rombongan Gubernur DIY berkunjung ke lokasi pembuatan garam di Pantai Sepanjang kemudian acara dilanjutkan dengan kunjungan ke Pantai Nguyahan. (Santi)

Posted from WordPress for Android

Related Post