Gunakan Gawai Dijalanan Akan Ditindak Tegas

182 views

Gunungkidulpost.com – Wonosari – Menggunakan gawai saat berkendara akan ditilang, karena, menggunakan gawai saat berkendara bisa menyebabkan kecelakaan lalu lintas cukup fatal.

Polisi akan menindak tegas pengendara yang menggunakan gawai. Hal tersebut diungkapkan oleh Wakil Kapolres, Kompol Verena Sri Wahyuningsih setelah apel operasi Patuh Progo 2018, Kamis (26/4).

Operasi Patuh Progo 2018 akan dilaksanakan selama 14 hari, dari tanggal 26 April hingga 9 Mei 2018 dengan sasaran pelanggaran kasat mata seperti pengendara dibawah umur, penggunaan gawai saat berkendara, berkendara mabuk, tidak menggunakan helm SNI, dan lain sebagainya.

“Dalam operasi patuh progo yang digelar serentak di seluruh Indonesia, Polres Gunungkidul menerjunkan 145 personel,” kata Kompol Verena.

Sementara itu, Kasat Lantas AKP Mega Tetuko,SIK, mengatakan para pelanggar lalu lintas akan dikenakan sanksi berupa tilang. Nantinya mereka yang bakal ditilang yakni pelangaran kasat mata seperti melawan arus, kecepatan tinggi, terpengaruh obat-obatan dan anak dibawah umur.

“Sejumlah perlanggaran itu semua menjadi penyumbang terbesar penyebab terjadinya kecelakaan,” katanya.

Saat ini, Polisi fokus dalam penindakan terhadap anak di bawah umur. Hal ini harus diimbangi dengan melakukan sosialisasi ke sekolah-sekolah tentang pemahaman kepada siswa terkait keselamatan berkendaraan.

“Pembinaan, penyuluhan,sosialisasi itu tidak hanya waktu operasi patuh saja. Saat ini yang akan kita sentuh itu orang tuanya,”jelasnya.

Kepada para orang tua, dihimbau untuk memberikan bimbingan kepada anak. Sebab keselamatan lalu lintas itu bukan hanya tugas kepolisian. Bisa sebenarnya orang tua antar jemput. Jangan terlalu memanjakan anak, ketika ada rezki jangan langsung diberikan motor. Butuh kesadaran orang tua juga untuk keselamatan ini. (Susanti)

Related Post