Gunung Ireng Mulai Dilirik Wisatawan

14 views

Gunungkidulpost.com – Wonosari – Pemerintah Desa Pengkok, Kecamatan Patuk terus berupaya mengembangkan destinasi wisata Gunung Ireng.

Hal itu bertujuan untuk memajukan pariwisata di wilayah Gunungkidul.

Hamparan pemandangan yang terbalut kabut di pagi hari dari ketinggian puluhan meter layaknya di atas awan, dan spot selfie yang dapat dinikmati wisatawan.

Kepala Desa Pengkok, Sugit mengatakan awal mula pengembangan wisata Gunung Ireng sejak 2010, dan pada 2013 dilaunching.

“Dari swadaya warga akhirnya berinisatif untuk mengembangkan obyek wisata Gunung Ireng ini,” ucap Sugit kepada wartawan, Jumat (6/7/2018).

Ia mengatakan pada awalnya cukup sulit mengembangkan pariwisata dikarenakan banyak warga yang belum sadar akan potensi tersebut. Banyak warga pada awalnya menilai wisata hanya sebatas pantai di Gunungkidul.

Seiring berkembangnya waktu dan media sosial menurutnya warga semakin sadar akan potensi wisata tersebut.

Akses Gunung Ireng pun cukup mudah, hanya 100 meter dari jalan utama. Harga tiket masuk sangat terjangkau, pengunjung hanya dikenakan biaya Rp3.000. Dengan pemasukan tersebut, pengelola Gunung Ireng terus berbenah dan meningkatkan fasilitas.

Berbagai fasilitas pendukung utama pun saat ini sudah cukup lengkap, mulai dari tempat parkir, toilet, gazebo, tempat penjual makanan.

Ia berharap wisata Gunung Ireng ini tidak hanya sebagai wisata spot selfie, namun juga sebagai wisata edukasi, karena bebantuan di Gunung Ireng dapat menjadi media pembelajaran.

“Ada bantuan lagi dari Dinas Pariwisata (Dispar) DIY belum lama ini, kami gunakan untuk perbaikan akses jalan, dan pembangunan gazebo,” bebernya.

Sementara itu, salah seorang pengunjung Gunung Ireng Andreas Eko mengatakan, sangat menarik pemandangan di Gunung Ireng terutama saat pagi hari.

“Saya sudah dua kali hadir kesini dan ini sangat menarik untuk foto besama teman-teman,” tutupnya. (Santi)

Related Post