Gunungkidul Bakal Kehilangan Ribuan PNS di Tahun 2017

946 views

Ilustrasi (google)


Gunungkidulpost.com – Wonosari – Pemkab Gunungkidul akan  melepaskan ribuan pegawai negeri sipil (PNS) lantaran pelimpanhan kewenangan dari pemkab ke Pemda DIY yang telah diatur dengan Undang-Undang. 

Kasubbag Pemerintahan Bagian Administrasi Pemerintahan Umum pemkab Gunungkidul Iskandar mengatakan, bahwa ribuan PNS di Gunungkidul akan dilimpahkan ke Pemda DIY. Pasalnya upaya ini sudah disepakati bersama antara Pemkab Gunungkidul dengan pemprov DIY.

“Rencananya ada 1.043 PNS yang harus dilimpahkan ke provinsi,” katanya, Rabu (12/10/2016).

Menurut dia, pelimpahan tersebut sudah sesuai dengan Undang- Undang no 23 tahun 2014 tentang pemerintahan Daerah. Lanjut Iskandar, sebagian besar PNS yang akan dilimpahkan ke provinsi nantinya didominasi oleh guru.

“Semua ini masih dalam proses di BKN,” katanya. 

Iskandar menambahkan upaya pelimpahan ini akan diberlakukan pada tahun 2017 mendatang. Hal ini juga bersamaan dengan pembaharuan struktur perangkat daerah yang sudah dibahas.

“Pelimpahan akan dilakukan mulai tahun depan,” paparnya.

Sementara itu, Wakil Bupati Gunungkidul, Immawan Wahyudi mengatakan, jumlah PNS di Gunungkidul terus berkurang akibat pelimpahan urusan pemerintahan, dan memasuki masa pensiun. Menurut Immawan,  Gunungkidul hingga kini masih mengalami kekurangan PNS. Namun terbenturnya aturan dari pemerintah pusat, pihaknya tak bisa berbuat banyak.

“Pemerintah daerah  mengusulkan tambahan ratusan PNS akan tetapi masih menunggu jawaban pusat,” ucap Immawan. (Bayu)

pnsgunungkiduldilimpahkan

Related Post