Gunungkidul Bangun Taman Lalu Lintas

image

Pembangunan Taman Lalu Lintas Dikomplek Taman Kota Wonosari. (Foto: Bayu)

Gunungkidulpost.com – Wonosari – Tingginya angka kecelakaan lalu lintas akibat kurangnya pemahaman terhadap rambu lalu lintas coba disiasati oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gunungkidul dengan melakukan edukasi dini.

Sebagai bahan edukasi, Pemkab sudah menyiapkan Taman Lalu Lintas di Kawasan Taman Kota Wonosari.

Pembangunan Taman Lalu Lintas yang sudah dikerjakan sejak tiga bulan terakhir, ditargetkan selesai pada Juni 2017 ini.

Sekretaris Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Gunungkidul, Irawan Djatmiko, mengatakan dengan adanya Taman Lalu Lintas diharapkan dapat mengenalkan tertib lalu lintas sejak dini kepaa anak-anak.

“Nanti di Taman lalu lintas itu akan kami lengkapi dengan rambu lalu lintas biar anak-anak bisa belajar langsung di sini [Taman Lau Lintas],” katanya Rabu (12/7/2017).

Pembangunan Taman Lalu Lintas menurut dia merupakan bagian dari pengembangan Taman Kota Wonosari, yang dalam jangka panjang akan dijadikan sebagai pusat kegiatan atau bersantai bagi warga sekitar.

“Pembanguna ini menghabiskan dana Rp459 juta, dan harapan kami agar menambah pemahaman kepada masyarakat mengenai pentingnya pendidikan lalu lintas,” bebernya.

Sementara itu, Kepala Satuan Lalu Lintas Polres Gunungkidul, AKP Samiyono menyambut baik adanya pembangunan taman lalu lintas.

“Menurut saya itu [Taman Lalu Lintas] lebih efektif sebagai sarana edukasi langsung bagi anak-anak,” ucapnya.

Terlebih, Taman Lalu Lintas nantinya dapat disosialisasikan dan dimanfaatkan untuk para pelajar Taman Kanak-Kanak (TK) dan PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini) untuk mengenalkan aturan lalu lintas sejak dini. Namun demikian menurut dia perlu peran serta guru, Pemkab dan juga Polres untuk pemanfaatannya.

“Taman Lalu Lintas ini merupakan miniatur dari jalan yang sesungguhnya, ada sarana rambu-rambu dan APILL. Maka dengan belajar langsung, anak-anak akan lebih mudah menerima dan mengingat tentang perturan lalu lintas,”  pungkas Samiyono. (Bayu)

Posted from WordPress for Android

Related Post