Gunungkidul Berkomitmen Mewujudkan KLA

454 views
image

Gedung Kantor Pemkab Gunungkidul. (Foto: Bayu)

Gunungkidulpost.com – Wonosari – Pemerintah Kabupaten Gunungkidul  terus membangun sistem pembangunan berbasis hak anak mellauio pengintegrasian komitmen dan sumberdaya pemerintah, masyarakat dan dunia usaha. Hal itu lantaran Pemkab  berkomitmen mewujudkan Kabupaten Layak Anak (KLA). 

Kabag Protokol Gunungkidul Agus Kamtono mengatakan, hari ini Bupati Badingah melakukan audensi Badan Pemberdayaan Perempuan dan Masyarakat DIY dan Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak dan KB, Pemberdayaan Masyarakat dan Desa pemkab Gunungkidul. Dalam kesempatan tersebut, Bupati Badingah mengatakan komitmennya untuk Kabupaten layak anak.

“Bupati menyampaikan jika Gunungkidul terus melakukan komitmen kabupaten layak anak,” katanya kepada Gunungkidulpost.com, Kamis (2/3/2017).

Agus menjelaskan, kebijakan kabupaten Gunungkidul mendukung KLA diantaranya Perda No 25 tahun 2012 tentang perlindungan perempuan dan anak korban kekerdasan, Perbub no 33 tahun 2012 tentang rencana Akasi daerah menuju kabupaten layak anak, Pebub No 36 tahun 2015 tentang pencegaan pernikahan pada usia anak, dan keputusan bupati tentang rencanaaksi daerah pencegahan penrnikahan pada usia anak.

“Gunungkidul sudah membentuk kelembagaan, diantaranya gugusan tugas kecamatan ramah anak, dan gugus tugas kabupaten layak anak,” bebernya.

Pihaknya menambahkan, upaya yang dilakukan Pemkab saat ini yakni sisialisasi, dan memfasilitasi sarana prasarana. Diakuinya untuk melakukan ada beberapa hambatan diantaranya luasnya geografis gunungkidul. Namun demikian, gunungkidul sudah mendapatkan berbgai keberhasilan.

“Kita sudah mencapai keberhasilan diantaranya penghargaan sebagai duta anak DIY tahun 2009 hingga 2016,” pungkasnya. (Bayu)

Posted from WordPress for Android

Related Post