Gunungkidul Dapat Danais Puluhan Miliar

​​
Gunungkidulpost.com – Wonosari – Pada tahun 2017 mendatang Pemerintah Kabupaten Gunungkidul,  mendapatkan alokasi Dana Keistimewaan (Danais) sebesar Rp 35,45 miliar. Kucuran dana tersebut akan dialokasikan untuk pembangunan fisik dan non fisik.

Kepala Bidang Kebudayaan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Gunungkidul Ristu Raharja mengatakan, tahun 2017 mendatang Gunungkidul mendapatkan anggaran Rp 35,45 miliar. Anggaran tersebut didapat dari alokasi Dana Keistimewaan. 

“Kami anggarkan untuk kegiatan fisik yaitu untuk pembangunan taman budaya sebesar Rp20 miliar dan sisanya untuk anggaran non fisik,” katanya kepada Gunungkidulpost.com, Kamis (29/12/2016).

Dia menjelaskan, anggaran terbesar terserap untuk pembangunan taman budaya. Sedangkan anggaran yang masih sekitar Rp15,45 miliar digunakan untuk non-fisik yakni berupa pelaksanaan kegiatan seni budaya yang ada di Gunungkidul. Menurutnya, tahun 2017 jumlah penerimaan meningkat dibanding tahun 2016 yang hanya memperoleh Rp6,4 miliar. 

“Danais di tahun 2017 memang meningkat dibanding anggaran yang lalu,” jelasnya.

Terpisah, Ketua Dewan Kebudayaan Gunungkidul, CB Supriyanto berharap pemkab segera merealisasikan pembangunan taman budaya, dengan harapan bisa mengembangkan berbagai seni yang ada seperti karawitan, keroncong, gejog lesung, dan musik religius.

“Harapan kami pembangunan taman budaya segera terlaksana untuk menunjang kegiatan kesenian di Gunungkidul,” ucapnya. (Bayu)

Related Post