Gunungkidul Expo 2018 Resmi Ditutup, Omset Tembus Miliaran

220 views

Gunungkidulpost.com – Wonosari – Gunungkidul Expo 2018 resmi ditutup, kegiatan ini diklam mampu mendongkrak perputaran uang sampai Rp1,5 miliar.

Selain mendongkrak perekonomian dan perputaran uang, kegiatan ini juga sebagai rangkaian acara Hari Jadi Kabupaten Gunungkidul ke-187, Sabtu (12/5/2018) malam.

Pamaeran UMKM dan beberapa penampilan seni budaya yang berlangsung selama lima hari tersebut menghasilkan transaksi jual beli produk lokal.

“Dari Selasa [8/5/2018] sampai tadi siang [Sabtu] pukul 13.00 setidaknya tercatat terjadi interaksi bisnis mencapai Rp933 juta. Meningkat sekitar 13,41 persen dari tahun lalu, sekitar Rp800 juta tahun lalu,” kata Ketua Pelaksana Gunungkidul Expo 2018, Krisna Berlian, disela acara penutupan.

Jumlah tersebut sangat dimungkinkan bertambah, karena belum tercatat yang berjualan mandiri dan catatan setelah pukul 13.00 WIB hingga malam belum tercatat. Ia menaksir perputaran uang sampai Rp1,5 miliar.

Krisna menuturkan, jumlah peserta yang mengikuti Expo ada 123 UMKM. Dari berbagai jenis produk UMKM mulai dari Batik, kerajinan kayu, makanan, blangkon, pandai besi, produk herbal, dan lain sebagainya. Pihaknya juga memberikan apresiasi untuk lima stan terbaik.

“Lima stan terbaik ini kami berikan penghargaan tersendiri,” tuturnya.

Bupati Gunungkidul, Badingah yang diwakili, Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Setda Gunungkidul, Sudodo, mengatakan Gunungkidul Expo ini sebagai dukungan Pemkab kepada UMKM.

Menurutnya saat ini kompetisi pemasaran UMKM semakin ketat, sehingga dengan pameran ini diharapkan dapat mendukung promosi dan pemasaran, selain juga melalui media sosial untuk promosi.

“Pameran Gunungkidul Expo dan kesenian ini berjalan lancar dan sukses, saya yakin pameran kali ini memberi kesan positif dan inspiratif, untuk mengembangkan produk UMKM,” ucapnya.

Sudodo menambahakn, kegiatan promosi semacam Gunungkidul Expo menurutnya setiap tahun harus terus diperbaiki baik dalam tata kelola tempat fasilitas, maupun tampilan agar semakin menarik masyarakat luas.

“Kami akan mengevaluasi terus sehingga kedepan jadi lebih baik,” imbuhnya.

Sementara itu, salah satu pengunjung Destawati mengaku menikmati pameran atau Gunungkidul Expo tersebut.

“Menarik ada penampilan kesenian juga, selain stand makanan dan produk. Harapannya kedepan semakin baik lagi,” bebernya.

Dalam penutupan Gunungkidul Expo dimeriahkan oleh pagelaran wayang. (Bayu Prihartanto)

Related Post