Gunungkidul Masih Andalkan Mata Air Bribin

image

Instalasi Pipa Air Minum Di Bribin Semanu. (Foto: Istimewa)

Gunungkidulpost.com – Wonosari – Sumber air bawah tanah Bribin merupakan beberapa dari sumber air yang ada di Gunungkidul.

Sejumlah sumber air seperti Goa Seropan, Baron, dan Ngobaran dalam pengelolaan PDAM Tirta Handayani.
Direktur Utama PDAM Tirta Handayani Isnawan Febrianto, mengatakan, sumber air di Bribin I merupakan sumber air yang memiliki debit cukup tinggi sehingga dapat diandalkan menjadi sumber air.

Kendati demikian untuk Bribin II yang ada di Padukuhan Sindon, Desa Dadapayu, Semanu belum dapat diandalkan karena aliran air yang belum optimal.

“Kalau ada aliran dari Bribin II kita terima. Namun kita mengandalkan sumber yang di Bribin I,” ujar Isnawan, Jumat (6/10/2017) kemarin.

Dia mengatakan, pihaknya akan memaksimalkan sumber air yang sudah ada terlebih dahulu. Penambahan debit air akan dilakukan sebesar 100 liter per detik di Bribin I. Selain itu juga akan mengolah sumber air di Bribin I agar tidak keruh.

“Kita akan tambah debitnya, dan juga kelola dahulu, supaya tidak keruh dan dapat langsung dimanfaatkan oleh warga,” paparnya.

Sementara itu, Direktur Teknik PDAM tirta Handayani Pratomo Hadi, menambahkan, sumber air di Bribin I melayani kurang lebih 6.000 kepala keluarga, meliputi kecamatan Rongkop, Girisubo, sebagian Semanu, dan Tepus. Dengan debit Bribin kurang 100 liter per detik, Bribin dapat mencakup sebanyak 369 ribu jiwa.

“Selama ini Bribin bisa mencakup 369 ribu jiwa, harapan kami semoga debi air semakin meningkat,” tutupnya. (Heri)

Posted from WordPress for Android

Related Post