Gunungkidul Raih Penghargaan Kabupaten Peduli HAM

200 views
image

Foto: Istimewa

Gunungkidulpost.com – Wonosari – Dalam rangka peringatan Hari Hak Asasi Manusia sedunia tahun 2017, Gunungkidul memperoleh penghargaan sebagai Kabupaten Peduli Hak Asasi Manusia 2016, Minggu (10/12).

Etni Priskila, Kasi Humas Pemerintah Kabupaten Gunungkidul menyampaikan, bertempat di Hotel Sunan Solo, Bupati Gunungkidul Hj.Badingah,S.Sos menerima penghargaan yang diserahkan langsung oleh Menteri Hukum dan HAM, Yasonah Laoly.

“Dalam acara tersebut, hadir Presiden RI, Ir.Joko Widodo, yang sehari sebelumnya telah mengunjungi Kabupaten Gunungkidul,” ucapnya.

Pada kesempatan itu, Yasonah Laoly menyampaikan bahwa, pemerintah akan terus berkomitmen dalam upaya pemajuan dan pemenuhan HAM. Hal ini terlihat bahwa pelaksanaan Aksi Nasional Hak Asasi Manusia pada tahun 2017 di setiap daerah saat ini mencapai sudah 52,26%.

“Diharapkan akhir tahun ini mencapai 100%,”ucapnya.

Pada kesempatan yang sama, Presiden RI,Ir.Joko Widodo dalam sambutan menyampaikan bahwa,  kewajiban dan tanggung jawab mengenai perlindungan, pemenuhan, penghormatan, penegakan,serta pemajuan HAM adalah tanggung jawab pemerintah. Kendati demikian,kewajiban ini bukan hanya diemban pemerintah pusat, tetapi juga harua melekat di semua jajaran pemerintah daerah. Ditambah dengan adanya dukungan dan partisipasi dari semua lapisan masyarakat, tujuan ini akan bisa terwujud. 

“Ini adalah tanggung jawab bersama,” ucapnya. 

Joko Widodo menyampaikan, rencana pelaksanaa Aksi Nasional HAM yang tinggal 2 tahun ini akan lebih fokus dilakukan. Kegiatan dititik beratkan dalam pemenuhan hak anak, perempuan,para penyandang disabilitas, hingga para lanjut usia. Selain itu, pemenuhan hak masyarakat mengenai adat istiadat dengan mengedepankan sikap toleransi antar kelompok maupun umat beragama merupakan hal penting yang harus diperhatikan. (Santi)

Posted from WordPress for Android

Related Post