Gunungkidul Sabet Penghargaan Kabupaten Layak Anak

213 views

Gunungkidulpost.com – Wonosari – Kabupaten Gunungkidul kembali meraih penghargaan diajang Anugerah Kota/Kabupaten Layak Anak (KLA) tahun 2018.

Penghargaan tersebut masuk dalam kategori Madya oleh Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Kemen PPPA) RI, Senin (23/7/2018) malam.

Ketua Gugus Tugas KLA Kabupaten Gunungkidul, Sudodo berharap raihan prestasi menjadi motivasi kepada seluruh masyarakat terutama para orang tua untuk lebih meningkatkan kasih sayang kepada anak-anak.

Ada total 177 yang berhasil mendapatkan penghargaan, dari 389 kabupaten kota yang dievaluasi. Jumlah 177 di antaranya adalah penghargaan kepada 10 Pemerintah Provinsi.

“Untuk meraih Nindya masih perlu kerja keras, diantaranya, penguatan kelembagaan berupa penyusunan Perda, penyusunsn RAD, pemahaman masing2 OPD terhadap KHA melalui pelatihan,” katanya kepada wartawan, Selasa (24/7/2018).

Sudodo mengatakan, untuk meraih gelar ini terdapat lima indikator penilaian seperti Pemenuhan hak sipil dan kebebasan anak, Lingkungan keluarga dan pengasuhan alternative, Kesehatan dasar dan kesejahteraan anak berkebutuhan khusus.

Pendidikan, pemanfatan waktu luang dan terakhir budaya dan perlindungan khusus.

“Hal ini diharapkan bisa memotivasi kepada seluruh masyarakat terutama para orang tua untuk lebih meningkatkan kasih sayang kepada anak,” pungkasnya. (Bayu)

Related Post