Gunungkidul Sangat Butuh SMK Pariwisata

117 views

Gunungkidulpost.com – Wonosari – Pemerintah Kabupaten Gunungkidul berharap adanya Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) jurusan pariwisata segera didirikan. Hal ini untuk mengantisipasi berkembangnya pariwisata di Gunungkidul.

Sekda Gunungkidul, Drajad Ruswandono mengatakan bahwa Gunungkidul tidak menutup investor di bidang pariwisata, sehingga ke depan dibutuhkan tenaga lokal untuk bekerja di bidang pariwisata.

Ia menjelaskan, dengan adanya investor dapat membangkitkan keadaan ekonomi di Gunungkidul, serta dapat menanggulangi kemiskinan, dan mengurangi pengangguran.

“Untuk sekarang menggunakan pokdarwis, pokdarwis adalah cara jitu untuk mengoptimalkan sumber daya manusia. Apalagi kalau didukung dengan sekolah yang kusus dibuka jurusan parisiwata saya yakin akan semakin baik,” katanya kepada wartawan.

Menurut dia, pemerintah akan menggiring investor melalui paparan dari investor untuk memakai tenaga lokal. Dengan demikian penduduk lokal turut menikmati hasil dari pariwisata.

“Kita mendorong investor bukan melalui Mou tetapi kalau investor kan ada semacam paparan, kita menekan paparan itu untuk menggunakan tenaga lokal seoptimal mungkin,” ungkapnya.

Drajad menambahkan, SMK Pariwisata harus ada di Gunungkidul agar siap ketika hotel atau resort sudah banyak beroperasi di area pariwisata Gunungkidul. (Bayu)

Related Post