Guru Dan Kepala Sekolah Rela Bolak-Balik Antar Muridnya

120 views

Gunungkidulpost.com – Ponjong – Kepala Sekolah di Sekolah Dasar Kenteng II, Kecamatan Ponjong, Mateus Brotosugondo tidak hanya bertugas sebagai nahkoda disekolahnya, namun merekapun harus mengantar muridnya dari lokasi penjemputan menuju ke sekolah atau berjarak sekitar 2,5 km.

Hal itu dilakukan dengan keikhlasan, agar murid tetap mendapatkan haknya untuk mengikuti kegiatan belajar mengajar.

Mateus Brotosugondo merupakan warga di Dusun Tawarsari, Desa Wonosari, Kecamatan Wonosari.

Jarak yang ia tempuh dari tempat tinggalnya kurang lebih 25 kilometer.
Kenteng merupakan daerah paling timur dari Kabupaten Gunungkidul dan berbatasan langsung dengan Jawa Tengah. Brotosugondo setiap hari berangkat sekitar pukul 05.30 mengingat jarak dari rumah menuju sekolah cukup jauh.

Setelah berangkat dari rumah, Brotosugondo tidak langsung pergi ke sekolah, namun dia menuju perempatan Dusun Prampelan, jalur menuju ke SD Kenteng 2.
Di tempat ini, dia menunggu siswanya untuk diantar ke sekolah.

Setiap harinya, Brotosugono menjemput 15 anak yang semuanya sudah menunggu di perempatan Dusun Prampelan, Desa Kenteng, Kecamatan Ponjong.

Banyaknya jumlah anak yang ia jemput membuatnya harus mondar-mandir 2-3 kali. Satu anak membonceng di depan sedangkan dua lainnya membonceng di belakang.

Ia dibantu dengan beberapa guru lainnya yang juga ikut untuk menjemput anak-anak. Dengan medan yang cukup curam, di samping kiri kanan beberapa terdapat ladang milik warga setempat.

Namun ia merasa bangga karena mempu membantu para murid datang ke sekolah dengan menggunakan motornya.

“Saat ini kondisi jalan licin karena musim hujan sehingga saya harus ekstra hati-hati,” kata Brotosugondo, Rabu (5/12/2018). (Bayu)

Related Post