Guru Di Gunungkidul Tolak Wacana 40 Jam Seminggu Dikelas

1457 views

Ilustrasi/net




​Gunungkidulpost.com – Wonosari – Sejumlah guru di Kabupaten Gunungkidul mengaku keberatan dengan wacana Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia yang menginstruksikan agar para guru berada di lingkungan sekolah selama 40 Jam selama 1 Minggu. Para guru beranggapan jika hal tersebut jadi diberlakukan maka akan menganggu produktifitas mengajar didalam kelas.

Kepala Sekolah YPKK Tepus Sukiter mengatakan, pihaknya mengaku keberatan jika wacana tersebut jadi diberlakukan di Kabupaten Gunungkidul.”Tentu saja hal ini akan memberatkan para guru yang ada,” katanya kepada Gunungkidulpost.com, Kamis (16/11), siang.

Sukiter menjelaskan, selama ini guru yang ada sudah melakukan pembelajaran selama 24 jam dalam waktu satu Minggu.”Itu pun banyak guru yang sudah kebinggungan karena jam sekolah yang belum ada,” jelasnya.

Sukiter mencontohkan, selama ini terdapat sejumlah guru yang harus mengajar di sekolah lain hanya untuk menambah jam mengajarnya.”Kalau mau ditambah jadi 40 Jam seminggu apa ya tidak memberatkan para guru,” ungkapnya.

Selain itu, Sukiter menerangkan bahwa guru yang ada saat ini dibebani dengan urusan administrasi yang membuat konsentrasi mengajar menjadi terganggu.”Harus ngurus inilah , itu lah kan juga kasihan para guru,” terangnya.

Sukiter mengaku, jika diterapkan , kebijakan ini justru akan menjadi bumerang bagi dunia pendidikan yang ada, sebab konsentrasi guru untuk mengajar siswa menjadi tidak sempurna.”Harapan saya semoga wacana ini dikaji ulang,” tutupnya.

Sementara itu, Ketua PGRI Kabupaten Gunungkidul Bahron Rosyid mengungkapkan, pihaknya masih menunggu diberlakukannya kebijakan tersebut.”Saya sudah dengan dan kita sebagai dinas siap menjalankannya,” terangnya.

Bahron menghimbau kepada seluruh guru yang ada agar tetap tenang menanggapi wacana tersebut, sebab selama ini meski secara prosedural guru hanya mengajar selama 24 jam dalam waktu satu Minggu namun pihaknya menemukan banyak guru yang sudah hampir 40 jam dalam waktu satu Minggu berada di Kelas.”Kebijakannyakan 40 Jam berada di sekolah untuk konseling dan mengajar , saya juga temukan teman – teman guru ini nyaris 37,5 Jam setiap Minggunya berada di sekolah untuk mengerjakan tugas,” tutupnya.(Maya)

gurugunungkidul pgri

Related Post