H+2 Lebaran Kawasan Pantai Mulai Diserbu Pengunjung

113 views

Gunungkidulpost.com – Wonosari – Hari kedua libur Lebaran tahun 2019 kali ini,sejumlah objek wisata di Kabupaten Gunungkidul mulai dipadati pengunjung, terutama kawasan wisata pantai.

Dari pantauan di beberapa objek wisata, jumlah pengunjung beretribusi secara keseluruhan pada Rabu, (05/06) sebanyak 11.315 pengunjung, sedangkan jumlah pengunjung pada hari Kamis,(6/6) sebanyak 40.773 pengunjung.

Dari jumlah tersebut 93% di dominasi pengunjung kawasan pantai sedangkan yang 7% wisatawan non pantai seperti Goa Pindul, Goa Cerme, Gunung Gambar, Green Village, Gunung Gentong, Sri Gethuk dan Nglanggeran.

Kepala Dinas Pariwisata Gunungkidul, Asti Wijayanti menyampaikan,wisatawan yang berkunjung dapat menikmati libur lebaran di seluruh destinasi yang ada di Gunungkidul.

“Di sisi lain masyarakat dan para pelaku jasa usaha wisata juga sudah siap menyambut para tamu dengan meningkatkan kualitas pelayanan sehingga tamu makin terkesan dan akan melakukan kunjungan ulang ke gunungkidul”,tuturnya.

Adapun target pemerintah di libur lebaran 2019 terhitung mulai 6 hingga 9 Juni 2019 adalah 172 ribu pengunjung dengan Pendapatan Asli Daerah (PAD) 1,3 Miliar.

Dengan mulai adanya lonjakan kunjungan wisatawan ke Kabupaten Gunungkidul pemerintah mengimbau agar pengunjung selalu menjaga keselamatan, mematuhi peraturan lalu lintas, membayar retribusi, menjaga kebersihan selama berada di obyek wisata, dan bisa menjalin komunikasi yang positif dengan masyarakat dan para pelaku jasa wisata.

“Dengan seperti itu semoga tidak muncul keluhan ataupun masalah pelayanan terhadap wisatawan,”imbuhnya.

Sementara itu, Koordinator SAR Wilayah Operasi II, Marjono menyampaikan, kondisi gelombang pantai landai dan relatif aman bagi pengunjung, akan tetapi agar wisatawan tetap mawas diri selalu menjaga keselamatan masing-masing.

“Kami selalu siap siaga dan selalu memantau dan mengingatkan kepada para wisatawan baik melalui publikasi langsung maupun dengan pemasangan rambu-rambu di titik tertentu,”katanya. (Santi)

Related Post