Habitat Penyu Di Gunungkidul Masih Minim

154 views

Gunungkidulpost.com – Wonosari – Meski Bupati Gunungkidul, Badingah telah mengeluarkan surat keputusan No.161/KPTS/2016 tentang Penetapan Pantai sebagai Habitat Penyu, namun penyelamatan Habitat Penyu di Gunungkidul dinilai masih kurang.

Kepala Bidang Perikanan Tangkap dan Kelautan Dinas Kelautan dan Perikanan, Wasidi mengatakan saat ini dirasa upaya untuk penyelamatan penyu masih kurang.

“Setidaknya ada 12 pantai yang ditetapkan sebagai habitat penyu di Gunungkidul. Namun disayangkan untuk upaya lebihnya atau tindak lanjutnya masih kurang,” katanya kepada wartawan, Senin (5/2/2018).

Dia mengatakan korelasi SK dan perlakuan pantai saat ini belum mendukung pelestarian penyu. Hal tersebut setidaknya harus menjadi tanggungjawab bersama antara Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP), Dinas Lingkungan Hidup (DLH), Dinas Pariwisata (Dinpar), Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) dan dinas atau masyarakat lainnya.

“Paling tidak ada satu saja pantai yang benar-benar diperuntukan untuk penyu untuk berkembang biak atau bertelur, karena penyu perlu tempat yang gelap, jauh dari keramaian,” ujarnya.

Untuk pembudidaya itu memang perlu biaya besar. Namun budidaya juga nantinya dapat dikembangkan menjadi destinasi wisata tersendiri dengan pembatasan jumlah kunjungan tentu saja, agar penyu tidak terganggu. 

“Memang memakan anggaran yang besar untuk mengonsep pembudidayaan penyu di salah satu pantai khusus yang berada di Gunungkidul,” pungkasnya. (Heri)

Related Post