Hadapi Arus Mudik, Dinas Siapkan Jurus Ampuh

image

Ilustrasi. Net

Gunungkidulpost.com – Wonosari – Dinas Perhubungan Kabupaten Gunungkidul telah menyiapkan sejumlah infrastruktur penunjang untuk menghadapi arus mudik 2017. Selain perbaikan jalan, rekayasa lalu lintas dan penambahan rambu-rambu lalu lintas juga sudah disiapkan

Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Gunungkidul, Syarief Armunanto mengatakan bahwa seluruh jalur mudik maupun jalur wisatawan telah siap.

“Kami sudah koordinasi dengan Dinas Pekerjaan Umum Perumahan dan Kawasan Pemukiman (DPUPKP) Gunungkidul. Dan penambalan jalan-jalan yang rusak sudah selesai dan siap untuk dilalui pemudik,” katanya kepada Gunungkidulpost.com, Minggu (4/6/2017).

Perbaikan jalan dijalur mudik memperlukan waktu yang lama lantaran bayak dititik-titik kerusakan. Sementara untuk rambu-rambu lalu lintas, pihaknya juga telah menyediakan anggaran untuk mulai dipasang di sejumlah titik.

“Ada sekitar lima jalur alternatif yang kami telah siapkan untuk mengurai kepadatan,” ujarnya.

Kendati demikian pihakanya meyakini jalur mudik di Gunungkidul tak akan terjadi kepadatan yang berarti. Berkaca dari tahun-tahun sebelumnya, kepadatan malah terjadi saat libur lebaran. Antrian kendaraan wisatawan kata dia paling mendominasi saat H+3 Lebaran.

“Saat Jalan Jogja-Wonosari terjadi kepadatan, nanti bagi wisatwan yang akan ke pantai sebagian akan kami alihkan melalui JLS,” ujar Syarief.

Sementara itu Kepala Bidang Lalu Lintas, Dinas Perhubungan Gunungkidul, Sujarjo menambahkan terdapat tiga titik perbaikan marka jalan. Ketiganya berada di jalan nasional yakni di Jalan Jogja Wonosari, Selatan Jembatan Bunder; Tanjakan Watuondo; dan Tanjakan Putat.

“Saat ini ada tiga titik perbaikan, semoga segera diselesaikan secepatnya,” pungkasnya. (Bayu)

Posted from WordPress for Android

Related Post